Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Jadi Sulsel 352, Kadisbudpar Sulsel: Momen Berbagi Al-Qur'an -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Jadi Sulsel 352, Kadisbudpar Sulsel: Momen Berbagi Al-Qur'an

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
10/20/2021




Globalnewsindonesia.com - Makassar,. Pertengahan Oktober ini, umat Islam pada khususnya dipertemukan dengan satu hari besar keagamaan yakni Maulid Nabi Muhammad SAW. Diperingati pada Selasa, 19 Oktober 2021, bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1443 Hijriyah.


Dihari yang sama juga diperingati Hari Jadi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ke-352 tahun. Di mana seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel turut memeriahkannya, meski dengan cara sederhana karena masih suasana Pandemi COVID-19.


Prof Muhammad Jufri selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulsel menerangkan bahwa pihakya ambil bagian penting atas kedua hari bersejarah itu. Puluhan eksemplar Al-Qur'an diwakafkan untuk selanjutnya akan diserahkan kepada lembaga rumah Tahfidz, Rumah Penghafal Al-Qur'an, dan masyarakat umum.


_"Alhamdulillah, kemarin kita serahkan Al-Qur'an ke Biro Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga mereka yang menerimanya dapat memanfaatkannya dengan baik, meningkatkan minat baca Al-Qur'an, serta lebih memahami lagi. Apalagi kalau semakin banyak Hafidz lahir di Sulawesi Selatan," kata Jufri, Rabu siang (20/10/21)._


Dia menambahkan, Al-Qur'an yang telah diserahkan itu datangnya dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Disbudpar Sulsel. Utamanya pemeluk agama Islam yang tersebar di beberapa jenjang sublembaga yakni Bidang, Seksi, UPT (Unit Pelaksana Teknis, Bagian, dan Subbagian.


Penyerahan secara kolektif ke Biro Kesra, pun sebelumnya dikumpulkan kolektif melalui Subbagian Umum, Kepegawaian, dan Hukum Disbudpar Sulsel. Merupakan tindak lanjut Surat yang ditanda tangani Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat dengan Nomor 451.8/9949/B.PEM.OTDA, tertanggal 15 Oktober 2021, perihal Sumbangan Kitab Suci Al-Qur'an.


_"Dalam rangka peringatan Hari Jadi Sulawesi Selatan ke-352 pada tanggal 19 Oktober 2021, diharapkan seluruh Kepala OPD beserta Staf yang Muslim untuk menyumbangkan kitab suci Al-Qur'an, minimal sebanyak 1 (satu) buah," kutipan sebagian isi surat resmi itu._


Menurut Jufri, momen penting bagi umat Islam sekaligus masyarakat Sulsel pada umumnya itu harus dimaknai dan membekas dengan baik. Tidak datang dan berlalu begitu saja layaknya menggugurkan kewajiban.


Apresiasi dan penghargaan yang begitu besar dihaturkan kepada Pemerintah Provinsi Sulsel. Bahwa mulai pimpinan tertinggi yang saat ini dijabat Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman hingga Sekretaris Daerah, Pejabat Eselon II, III, IV, serta jajarannya masing-masing telah bersama-sama menjawab dan memberi warna.


_"Saya kira, apa yang diinisiasi pak Plt Gubernur Sulsel, dapat direalisasikan dengan baik seluruh ASN ya, utamanya kita di Pemprov. Untuk teman-teman, terima kasih juga atas partisipasinya, Inshaa Allah bernilai ibadah di sisi Allah SWT," pungkasnya._


Diterangkan pula, hari ini bukanlah hasil pergeseran Maulid Nabi Muhammad SAW. Pemerintah mengambil kebijakan menggeser hari libur, bukan memindahkan tanggal jatuhnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.


_"Ini juga perlu dipahami kita semua. Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini tidak dipindahkan atau digeser atau mungkin ada yang menyebutnya diganti dari tanggal 19 Oktober ke tanggal 20 Oktober. Tapi hari liburnya yang digeser untuk meminimalisir resiko penyebaran COVID-19," paparnya._


Terbukti kata Jufri, ASN mengurungkan niatnya keluar kota untuk berlibur. Mengingat Kamis dan Jum'at, kembali akan beraktivitas sesuai jam kerja yang ditetapkan.


Diperkuat dengan Surat Edaran Gubernur Sulsel tertanggal 29 Juni 2021, nomor 850/6185/B.Org. Salah satu point di dalamnya memuat Hari Libur Nasional Tahun 2021 untuk Maulid Nabi Muhammad SAW ditetapkan tanggal 20 Oktober 2021. 


_"Mudah-mudahan Pandemi COVID-19 segera berakhir, mari kita sama-sama mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M dan juga menghindari kerumunan. Hari libur yang berimpit juga kan bisa memicu mobilitas tinggi yang mungkin saja bisa berdampak naiknya lagi angka kasus COVID-19, semoga ini bisa kita hindari," harap Jufri._


Terpisah, Zulfikar selaku Kepala Subbagian Umum, Kepegawaian, dan Hukum membeberkan, pihaknya berhasil mengumpulkan 78 eksemplar Al-Qur'an. Telah diserahkan dalam kemasan boks kepada Biro Kesra sekira pukul 13:30 WITA, Selasa kemarin.


_"Sumbangan Al-Qur'an dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan jumlahnya 78 buah," terangnya.(*)