Ada Yang Menarik Pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kabupaten Brebes -->
GNI Menyediakan Portal Gratis untuk sekolah yang ingin transpormasi Pembelajaran Digital (daring), kunjungi www.ayobelajar.gni.or.id untuk Mendaftar, atau Phone : 082380832450 , E-mail : gni@gni.or.id

Ada Yang Menarik Pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kabupaten Brebes

10/29/2021, 10/29/2021

 


Globalnewsindonesia,- BREBES. - Puluhan perwakilan pengurus Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Kabupaten Brebes ikuti upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-93 di Monumen Juang Brebes pada Kamis (28/10).


Acara yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, diikuti juga secara virtual oleh pengurus KNPI tingkat kecamatan se-Kabupaten Brebes. Rangkaian upacara disisipi pembacaan puisi oleh seniman muda Jimmy HC. Ia membawakan puisi gestur dengan musik etnik bertajuk “Bangkitkan Sumpah Mereka”. Puisi dan alunan sulingnya menghipnotis peserta meski di tengah terik matahari.




Jimmy menjelaskan puisi yang dibawakannya merupakan refleksi bagi pemuda untuk memaknai kembali arti dan spirit sumpah pemuda. “Saya juga menambahkan kidung Brebesan sebagai cambuk bagi pemuda untuk terus berkarya bagi bangsa di tengah arus modernisme,bukan hanya sebatas perayaan, tapi bagaimana kita memperjuangkan, mempertahankan dan mengamalkan makna pejuang-pejuang sumpah” ujar Jimmy.


“Acara ini bukan sekedar seremonial belaka, tapi kami ingin menhadirkan sajian yang mampu membangkitakn spirit pemuda sebagaimana makna yang terkandung dalam sumpah pemuda,” Kata Ketua DPD KNPI Brebes, Hendrik Maulana.


Hendrik juga menambahkan selain Jimmy HC, ada suguhan karya dari Teater Aura, Sahrun Calliope dari Teater Kembang Brebes, Erinanda Putri dari Teater Petis Sirampog. Selain suguhan karya, juga ada penyampaian hasil penilain OKP berprestasi dan Pemuda pelopor bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes. 


“Pemilihan pemuda pelopor dan organisasi berprestasi ini bertujuan untuk mendorong, menarik picu semangat para pemuda agar memiliki jiwa kepeloporan, pemuda yang mau menggali potensi diri, optimis, menjadi solusi atas masalah yang ada di lingkungannya,” Ujar Fajar Adi Widiarso selaku Kepala Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga. (AM)

TerPopuler