Hadir Bupati Manggarai Timur di Peletakan Batu Rumah Sakit Pratama dan Peresmian Puskesmas Afirmasi Watunggong -->
Jika Ditemukan Anggota GNI yang melakukan Intimidasi, pemerasan dan perbuatan tidak menyenangkan lainnya, segera laporkan ke Center Kami 0823 7323 2423,

Hadir Bupati Manggarai Timur di Peletakan Batu Rumah Sakit Pratama dan Peresmian Puskesmas Afirmasi Watunggong

6/10/2021, 6/10/2021


Globalnewsindonesia.Com,- BORONG NTT,- Rumah Sakit Pratama Watunggong di Bangun di puncak Watunggong Tepatnya di Golo Lada Watunggong, Desa Satar Nawang, Kecamatan Congkar.


Acara peletakan batu pertama Rumah sakit Pratama Watunggong diadakan Kamis, (10/6/2021), 


Turut hadir Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, SH,M.Hum, bersama Ibu, Kepala Dinas Kesahatan Kab. Manggarai Timur dr. Surip Tintin, Kapolres Manggarai Timur AKBP Nugroho Arie Susanto, Kejari Ruteng,Dandim, Ketua DPR Yeremias Dupa dan Wakil ketuaI Beenadus Nuel, Pastor Paroki Watunggong Ferdinandus Usman, para kepala Desa Dan Lurah, Tokoh Adat Tokoh masyarakat dan para Pejabat Tinggi lainnya dari Kabupaten Manggarai Timur.


Bupati Manggarai Timur bersama rombongan Tiba Di Watunggong sekitar Pukul 11.10.Wita di jemput oleh rombongan ronda di gapura sebelum masuk lokasi Proyek pembangunan Rumah Sakit Pratama Watungong kemudian  kepok tuak tiba sekaligus dengan pengalungan.




Selanjutnya rombongan Bupati menuju Lokasi proyek Pembangunan Rumah Sakit Pratama Watunggong.


Tiba di lokasi langsung mengadakan prosesi adat sekaligus peletakan batu pertama Rumah sakit Pratama Watunggong dilanjutkan ibadat sabda yang di pimpin Pastor Paroki Watunggong Rm. Ferdinandus Usman.


Agas Andreas dalam sambutan singkatnya pada acara itu, Ia menyampaikan, " Saya sebagai Bupati Kabupaten Manggarai Timur berterimakasih kepada tua adat Watunggong atas kerelaan menghibahkan tanahnya kepada pemerintah.


Olehnya itu pemerintah berinisiatif mendirikan beberapa bangunan pemerintahan dan gedung sebagai sarana dan prasarana   kesehatan yaitu Rumah Sakit Pratama dan Puskesmas Afirmasi di Tanah Congkar Watunggong ini.


Untuk Puskesmas Afirmasi itu sudah dibangun Tahun 2020 dan mulai aktif di pakai pada Tahun 2021," Tegasnya.


" Saya bangga dengan keputusan tokoh adat, dan tokoh masyarakat, begitupun pemerintah kecamatan di Watunggong ini yang sudah peka menjemput kemajuan di Era globalisasi seperti sekarang ini.


Kegiatan Hari ini akan tercatat dalam sejarah karena Rumah Sakit Kedua di Kabupaten Manggarai Timur adalah Rumah Sakit Pratama Watunggong, Rumah Sakit Pertama adalah RSUD di Lehong Borong  Kabupaten manggarai Timur," Pungkasnya.


Momen Peletakan Batu pertama Rumah Sakit Pratama Watunggong itu ternyata bersamaan dengan acara peresmian Puskesmas Afirmasi Watunggong.


Maka perjalanan dan kunjungan Bupati Manggarai Timur Kamis, (10/6/2021) di Kecamatan Congkar It's like grabbing the oar once two three islands are exceeded (Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui)


Sebelum acara peresmian Puskesmas Afirmasi Watunggong Kepala Dina Kesehatan  Kabupaten Manggarai Timur Dr.Surip Tintin mebacakan laporan jumlah Puskesmas Afirmasi yang sudah di bangun di Kabupaten Manggarai Timur sejak Tahun 2011.


Tintin menyampaiakn, "Puskesmas Afirmasi yang sudah di bangun di Manggarai Timur sejak 2011 berjumlah 11 gedung.


Puskesmas Afirmasi Watunggong merupakan Puskeamas Afirmasi yang ke 10 dan Puskesmas ini mulai di bangun Tahun 2020 kemudian mulai beroperasi sejak awal Tahun 2021.


Kemudian Puskesmas Afirmasi yang sedang dalm proses pembangunan Tahun 2021 ini  adalah Puskesmas Afirmasi di Mamba Kecamatan Elar Selatan," jelas tintin.


Tintin juga menambahkan, "setiap paket Puskesmas Afirmasi yang dibangun menghabiskan dana 9-10M dimana gedung utama nilainya 5,9M.


Paketnya terdiri dari gedung utama, Rumah Dinas, Alkes, sarana transportasi, instalaai listrik, dan instalaai air.


Sedangkan untuk gedung Rumah Sakit Pratama Watunggong bersumber dari dana DAK reguler Tahun 2021.


Dalam perencanaannya Rumah Sakit ini akan rampung dalam kurun waktu 7 Bulan dan berharap bulan Desember Tahun 2021 Rumah sakit pratama Watunggong ini sudah bisa beroprasi," tutur Tintin.


" Kita doakan di Tahun 2022 Rumah Sakit ini bisa mendapatkan Nomor Registrasi dari Kemenkes (Kementrian Kesehatan) sehingga diTahun itu Rumah Sakit Pratama Watunggong sudah bisa beroperasi.


Paket pembangunan Rumah Sakit Pratama Watunggong senilai 45M itu terdiri dari, paket pembangunan fisik senilai 30M Alkes 15M.


Tujuan dibangunnya Rumah Sakit Pratama di Watunggong ini tambah Tintin dalam rangka  pendekatan pelayanan rujukan, dimana Rumah Sakit ini nanti akan memberikan pelayanan kepada masyarakat dari 14 Puskesmas wilayah utara.


Sehingga Rumah Sakit ini menjadi Rumah Sakit  penyangga sebelum pasien dirujuk ke Rumah Sakit RSUD di Lehong Borong," pungkasnya.


Pada kesempatannya Camat Congkar Ismail Jehada juga menyampaikan dihadapan Bupati Manggarai Timur Agas Andreas dan segenap jajarannya yang sempat hadir.


Ismail menyampaiakan" Dan saya Camat Congkar hadir dihadapan Bupati di Lehong datang hanya minta bantuan sekop dan linggis,


Pada kesempatan ini saya mohon kepada Bapak Bupati kiranya bisa bantu sekop dan linggis untuk gali lapangan khusus untuk tempat apel para pegawai dan semua Kepala UPTD di Kecamatan Congkar.


Permintaan Camat Congkar ini di sambut ketawa oleh semua undangan yang hadir. Permintaan Camat Congkar ternyata disambut baik oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas.


Selama acara berlangsung dari awal hingga akhir, semua tamu undangan dan masyarakat setempat patuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, cuci tangan, dan mengenakan masker.  ( Wens Atas)

TerPopuler