Efek Pandemi Pendapatan Hotel Hotel RI Melorot -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Efek Pandemi Pendapatan Hotel Hotel RI Melorot

4/02/2021

 


GlobalNewsIndonesia.Com-BORONG NTT, Seiring masih rendahnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis ke Indonesia, membuat kamar Hoteldi Tanah Air pun masih banyak yang kosong. Hal itu tercatat dalam tingkat penghunian kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang.


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat TPK hotel klasifikasi bintang sebesar 32,40% pada Februari 2021. Angka tersebut turun 16,82% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang mencapai 49,22%.


"Secara year on year masih mengalami penurunan," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dalam video conference , Kamis (1/4/2021).


TPK hotel klasifikasi bintang, dikatakan Setianto masih tertolong oleh para wisatawan lokal. Hal itu tercatat dari adanya peningkatan secara bulan ke bulan yang sebesar 2,05% pada Februari dibandingkan Januari yang berada di level 30,35%."Sehingga secara month to month ini mengalami peningkatan 2,05 poin," jelasnya.


Besarnya peran wisatawan domestik juga terlihat dari indeks mobilitas penduduk pada Februari 2021. Di mana dari beberapa sektor yang didata terdapat peningkatan pergerakan meski masih berada di zona negatif.


Seperti di tempat perdagangan ritel dan rekreasi per Februari tercatat minus 22,2% atau naik dari bulan sebelumnya yang minus 24,3%. Angka tersebut meningkat kembali di bulan Maret yang menjadi minus 17,0%.(Wens)