Vaksin Sinovac Tiba Di Empat Lawang -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia,

Vaksin Sinovac Tiba Di Empat Lawang

2/02/2021, 2/02/2021




GlobalNewsindonesia.com-Empat lawang, - Sebanyak 2.000 Vial vaksin Sinovac Covid-19 tiba di Kabupaten Empat Lawang, yang di drop di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang. Senin (1/2). Sekitar Pukul 15.10 WIB.


Kedatangan vaksin yang disaksikan langsung oleh, Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Indra Supawi, tersebut, mendapat pengawalan ketat dari Anggota Brimob Polda Sumatera Selatan (Sumsel) dan Anggota Polres Empat Lawang.


Sulni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang mengatakan, vaksin sinovac langsung didistribusikan ke 11 titik Vaksinasi di 10 kecamatan yang ada di Empat Lawang.


"Sebanyak 2000 Vial Vaksin sudah kita terima dan langsung kita distribusikan ke 10 Puskesmas, dan 1 RSUD tebing Tinggi sesuai yang dibutuhkan, untuk vaksin   yang akan disuntikan hari kamis mendatang, dan sisanya kita simpan digudang penyimpang dinkes Empat Lawang, yang nantinya akan di distribusikan 14 hari kedepan untuk tahap ii penyuntikan". Kata Sulni


Dijelaskan Sulni, untuk jadwal vaksinasi tahap pertama itu direncanakan Kamis tanggal 4 Febuari 2021. Di 10 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit.


Sementara untuk jadwal Vaksinasi tahap keduanya, akan dilaksanakan 14 hari Kedepan, di 10 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit.


Namun untuk sasaran utama yang akan divaksin seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes), dan ditambah pejabat Publik seperti Bupati dan Wakil Bupati.


“Polres, Kejari, Dandim, Kementrian Agama, Kadinkes, Kepala Rumah Sakit, Forum Kerukunan Umat Beragama, IBI, IDI, Ikatan Perawat. Jadi ada 10 yang untuk pejabat Publiknya, setelah itu seluruh Nakes,” ungkapnya kepada wartawan.


Sementara untuk pelaksanaan vaksin sendiri akan dilaksanakan secara serentak di 10 Puskesmas se Empat Lawang dan ditambah 1 Rumah Sakit.


Dan Ini akan dilaksanakan secara serentak, pada tanggal 4 Febuari 2021, hari Kamis, pukul 8.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.


“Kita bagi beberapa kelompok, sesi pertama itu 15 orang, selesai 15 orang ini sesi yang kedua. Jadi dari jam 8 sampai jam 4 itu bisa mampu ada berapa sesi, apa dua sesi apa tiga sesi,” katanya.


Untuk tenaga vaksinator sendiri sambung Sulni, sudah ditunjuk dimasing-masing tempat pelayanan di 10 Puskesmas dan rumah sakit.


“Setiap puskesmas itu ada 5 petugas vaksinator, untuk rumah sakit umum ada 10 vaksinator. Seluruh petugas pelayanan ini sudah dilatih untuk melaksanakan vaksin, dari tanggal 24 sampai tanggal 27 Januari,” jelasnya.


Awalnya jumlah Nakes yang akan divaksin sebanyak 988, namun ada perubahan yang akan divaksin sebanyak 1181 orang.


” Ada perubahanya, sampai saat ini jumlah sasaran Nakes ditambah pejabat Publik itu berjumlah 1181, tapi vaksinnya yang kita terima berdasarkan informasi dari provinsi itu 2000,” ujarnya.


Namun, dari 1181 itu belum tentu divaksin semua, sebab ada ketentuan-ketentuan kesehatan setelah melakukan screenhing


Ditempat yang sama, Kapolres Empat Lawang, AKBP wahyu Empat Lawang melalui Kabag Ops, AKP M. Harsono mengatakan, sebanyak 150 anggota gabungan dari Anggota Polisi, TNi, dan Satpol PP yang diterjunkan untuk pengawalan vaksin tersebut.


"sebanyak 150 anggota gabungan dari TNI Polri dan Satpol PP, yang diturunkan untuk pengawalan vaksin sampai ke 10 kecamatan yang ada di Empat Lawang, Gabungan, dan untuk pengawalan yang dari provinsi sampai ke Dinkes Empat Lawang, langsung dikawal oleh sedikitnya 10 anggota Brimob dan dibantu anggota personil dari Polres Empat Lawang". Tandasnya. (SI)

TerPopuler