Ketua KPU Manggarai Gelar Pleno Sekaligus Penetapan Calon Terpilih Pilkada Kab Manggarai 2020 -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Ketua KPU Manggarai Gelar Pleno Sekaligus Penetapan Calon Terpilih Pilkada Kab Manggarai 2020

12/16/2020, 12/16/2020





GlobalNewsIndonesia.Com, BORONG NTT, - Gelar sidang pleno Kpu Manggarai (15/12) dihadiri ole para saksi paslon satu (DM) dan para saksi dari paslon II (H2N), selama pembacan hasil rekapitulasi penghitungan suasana sidang pleno terpantau tertib aman dan tenang. 


Sidang pleno di buka dengan doa bersama dan di lanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua KPU Manggarai  Thomas Aquino Hartono, dilanjutkan dengan pembacaan tatib Pleno.


Turut hadir saat pleno Saksi dari paslon nomor urut I (DM), dan saksi dari paslon no urut II (H2N), pimpinan Bawaslu bersama staf, komisioner KPU dan sekertaris, para kasubag, dan seluruh staf sekertariat KPU, ketua dan anggota ppk, bersama TNI dan Polri.


Sebagaiman di amanatkan dalam PKPU no. 5 Tahun 2020, Kpu Kabupaten melaksanakan rekapitulasi hasil  pemungutan dan penghitungan sura tingkat Kabupaten sekaligus melaksanakan rekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupti Manggarai Tahun 2020.


Berkaitan dengan keseluruhan proses jadwal dan tahapan, hingga bermuara pada rekapitulasi dan penetapan hasil.


Adapun rinciannya jumalh TPS 696 TPS yang tersebar di 171 Desa/Kelurahan dari 12 Kecamatan, sedangkan jumlah Dpt untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020 sebanyak 219.120 pemilih, 


Ada 2 kegiatan penting  dalam tahap pelaksanan pemilihan pasca pemungutan dan penghitungan suara (9/12) yaitu rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perolehan suara tingkat kabupaten.


Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari proses berjenjang dari hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS (9/12) juga pleno rekapitulasi di tingkat Kecamatan.


Pleno di kecamatan mulai dari Tanggal (10-14/12) dan berlanjut rekapitulasi tingkat kabupaten mulai dari Tanggal (13-17/12).


Berdasarkan pasal 29 PKPU 19 Tahun 2020 pelaksanaan rekapitulasi di laksanakan melalui pleno terbuka yang di hadirkan oleh saksi masing masing paslon baik tim paslon Satu maupun paslon Dua, 


Panwaslu Kabupaten dan juga Ppk se abupaten manggarai dan dilakukan mekanisme sebagaimana terlampir  dalam tatip pleno rekapitulasi  dan penetapan hasil.


Secara teknis acara rekapitulasi  perolehan suara dipandu oleh ketua divisi teknis KPU Manggarai.


Ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono kepada GlobalNewsIndonesia, menjelaskan bahwa pleno sudah selesai tanggal (15/12) pukul 01.00 dini hari dan di scorsing sampai tanggal (16/12) untuk lanjut di bacakan hasil pleno dan penetapan calon terpilih.


penulis : " Wensislaus"

TerPopuler