Gubernur SulSel Kunjungi Siswa dan Guru Pejuang Pelosok di Pulau Lanjukang. -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Gubernur SulSel Kunjungi Siswa dan Guru Pejuang Pelosok di Pulau Lanjukang.

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
11/22/2020


GlobalNewsindonesia.com- Makassar. Bagi anak-anak yang tinggal di pulau-pulau terluar Kota Makassar memunculkan cerita tersendiri. Demikian juga dengan tenaga pengajarnya.


Dengan keterbatasan sarana dan prasarana. Tetapi ini tidak mengurangi semangat mereka untuk menuntut ilmu.


Gambaran semangat dan bahagia inilah yang bisa ditemui di wajah-wajah mereka di Sekolah Jantung Inspirasi. Tepatnya di Pulau Lanjukang, Kota Makassar.


Pulau dengan 15 Kepala Keluarga, di mana sekolah tersebut memiliki 13 siswa SD. Sekolah yang beratapkan seng, berdinding kayu dan berlantai semen ini baru diperbaiki. Sebelumnya, kondisinya sangat tidak representatif, berbagai organisasi masyarakat juga banyak yang membantu.


Walaupun tidak memiliki pendingin udara. Dengan dinding setengah terbuka, suasana cukup terasa sejuk dengan hembusan angin laut.


Anak-anak masing-masing memegang buku bacaan membaca dan juga mengeja materi yang diberikan oleh dua orang guru yang merupakan bagian dari Guru Pejuang Pelosok. Dua guru yang merupakan warga lokal yang diminta untuk mengajar.


"Kalau kita (Anda) sekarang, penduduk asli sini?" tanya Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah yang datang berkunjung di tengah jam belajar siswa.


Saat itu, dirinya ikut mengajar anak-anak langsung membaca bersama. Nurdin Abdullah mengaku senang karena mereka sudah dapat membaca dan menulis dengan baik.


Selanjutnya, Nurdin Abdullah berdialog dengan Guru dan Ketua RT untuk mengetahui kendala yang ada. Seperti buku tulis, hanya satu untuk semua mata pelajaran.


"Insha Allah, hari ini kita kirim ke sini buku dan alat-alat tulis", tegasnya.


Sementara seorang Guru, M Ilham mengatakan, semangat anak-anak pulau untuk belajar begitu besar. Sehingga dia tetap mengajar hingga hari Sabtu.


"Setelah melihat anak-anak memberikan pelajaran ini 1 Oktober lalu, sampai sekarang ini. Kemarin-kemarin hanya belajar 2-3 hari satu minggu. Kita lihat ini setiap hari reguler, karena minat belajar yang tinggi", ungkapnya.


Dirinya dan guru lainnya, Hada telah mengajar sebulan lebih. Mengantikan Guru Pejuang Pelosok lainnya yang telah mengajar selama tiga bulan.


Hada adalah warga asli Lanjukang. Sedangkan Ilham tinggal di pulau lainnya dan pulang setiap hari Minggu.


Lanjut Ilham, dirinya berjuang mengajar, karena baginya anak-anak pulau harus bisa mendapatkan hak yang sama dengan mereka yang berada di daratan utama. Adapun usia anak yang diajar mulai dari kelas 1 hingga enam, dari 7 hingga 14 tahun.


"Anak-anak di sini harus dapat yang sama dengan yang di kota maupun pulau-pulau lain. Artinya, membutuhkan pendidikan, Saya bersama Ibu Hada melanjutkan perjuangan ini", terangnya.