Pemkab Cianjur Kembangkan Ekspor Udang Melalui LMDH Juga Perjanjian Dengan Pihak Kementerian Kelautan Dan Perikanan -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Pemkab Cianjur Kembangkan Ekspor Udang Melalui LMDH Juga Perjanjian Dengan Pihak Kementerian Kelautan Dan Perikanan

10/21/2020, 10/21/2020
 


GlobalNewsIndonesia.com,- CIANJUR ,-Adanya program Presiden RI untuk wilayah Cianjur selatan yang  berpotensi untuk mengembangkan satu komoditas ekspor udang melalui perijinan dari pemkab Cianjur, dan pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui BLUPPD Karawang untuk membangun tempat tambak udang.


Dibangunnya tambak udang menurut Pjs Bupati Cianjur Dr.H. Dudi Sudradjat Abdurachim, saat diwawancara usai mendampingi kunjungan kerja Dirjen KKP Dr.Ir. Slamet Soebjakto, beserta rombongan dalam rangka meninjau pembangunan kluster budidaya udang berkelanjutan di desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun. Pembangunan diatas lahan tanah milik perhutani nantinya akan digarap oleh anggota LMDH mandiri cidaun, Selasa (20/10/20).


" Agenda BLUPP Karawang menargetkan tambak udang LMDH Mandiri rampung di bulan Desember, kata Dudi. 




Selain itu pihaknya berharap  direplikasi para petani udang atau ikan untuk membangun tambak-tambak lainnya karena potensinya sudah ada di Kecamatan Cidaun dan sekitarnya. 


" Mereka itu kelompok tani LMDH mandiri yang diberikan modal budidaya dan akan diberikan pelatihan termasuk pembinaan terlebih dulu sampai pada proses panen juga pengelolaan," ungkapnya. 


Sedangkan untuk nelayan di saat-saat tertentu dipastikan akan melakukan budidaya yang potensinya ada di masyarakat atau nelayan sendiri. 
Pasalnya program tersebut sudah diberikan oleh pihak KKP dalam hal ini BLUPPD dari Dirjen KKP RI.


Sementara itu Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Cianjur, Dr. Ir. Parwinia usai mendampingi kegiatan Pjs. Bupati di Cidaun, menuturkan kegiatan ini moment paling penting dan Pemkab. Cianjur mendapat program kegiatan dari KKP RI, karena tidak semua wilayah kelautan atau perikanan mendapatkannya.


" Program nasional yang diterima oleh kami salah satunya mendapatkan MoU bidang budidaya udang serta bantuan benih ikan untuk kelompok tani ikan cidaun, " kata Winny.


Dan jenis komoditas perikanan laut saat ini menjadi komoditas ekspor unggulan adalah udang," dan kita bisa kembangkan di Kabupaten Cianjur ini, dan juga bisa membawa manfaat dalam peningkatan ekonomi buat masyarakat pesisir," Pungkasnya. (Yn).

TerPopuler