Pasangan Calon Wako-Wawako Erman Safar-Marfendi Tak Hadiri Deklarasi, Ini Tanggapan Tim Pemenangan -->

Pasangan Calon Wako-Wawako Erman Safar-Marfendi Tak Hadiri Deklarasi, Ini Tanggapan Tim Pemenangan

10/14/2020, 10/14/2020


GlobalNewsIndonesia.com, BUKITTINGGI-  Satu dari tiga pasang calon wali kota dan wakil wali Kota Bukittinggi, Sumbar, pada pemilihan serentak Desember 2020, tidak terlihat hadir di acara Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Pakta Integritas serta Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan & Penanganan Covid 19 yang diprakasai Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat, Rabu (14/10/2020).


Calon Wako dan Wawako yang tidak hadir itu adalah pasangan Erman Safar-Marfendi dengan nomor urut 2. Sementara dua pasang calon lainnya yakni nomor urut 1, Ramlan Nurmatias- Syahrial dan nomor urut 3 pasangan Irwandi-David Chalik tampak antusias mengikuti acara tersebut. Bahkan dua pasangan calon yang hadir itu mendapat piagam penghargaan dari KPU Bukittinggi.  


Ketidakhadiran pasangan Erman Safar-Marfendi, sedikit menjadi tanda tanya bagi hadirin lain termasuk para insan pers. Pasalnya agenda yang dihelat KPU Bukittinggi itu bertujuan mewujudkan suasana kampanye yang badunsanak (familiar), aman, damai, tertib, sejuk dan sehat sekaligus mendukung proses kampanye yang demokratis.


"Ada apa ya pasangan calon wako wawako Bukittinggi Erman Safar-Marfendi tidak hadir. Sedangkan acara yang diagendakan KPU dengan anggaran yang tidak sedikit ini sebetulnya kan buat pasangan kandidat," gumam salah seorang rekan media yang tidak ingin namanya ditulis.


Usai deklarasi, para wartawan langsung mengkonfirmasi kepada tim pemenangan pasangan calon wako-wawako Erman Safar-Marfendi yang sebelumnya duduk dibelakang bangku kosong deretan kandidat.


"Memang kandidat kami tidak hadir di acara deklarasi ini. Kebetulan, agenda kampanye kami telah tersusun jauh sebelum jadwal deklarasi ini. 


"Jadi, berhubung agenda tersebut, maka kandidat kami Erman Safar-Marfendi tidak dapat meninggalkan jadwal kampanye yang telah ditentukan sebelumnya," ujar salah seorang tim pemenangan nomor 2, Khairul.


Jika ada penilaian atau tanggapan negatif tentang ketidakhadiran Erman Safar-Marfendi di acara deklarasi ini, tambah Khairul, terserah saja.   


Tim Pemenangan Erman-Marfendi Ucapkan Terimakasih kepada KPU Bukittinggi


Terpisah, tim pemenangan Erman Safar- Marfendi lain, Maryuli Apindo, SH melalui pesan Whatsapp yang dia kirim mengemukakan alasan ketidakhadiran kandidatnya. 




Berikut pesan Whatsapp Pindo: Prinsipnya kami sangat menerima dan mengucapkan terimaksih sebesar-besarnya pada KPU, Bawaslu dan seluruh forkompimda yang telah menjadi fasilitator dan menyatakan sikap yang sama bahwa pilwako Bukittinggi harus kita jalankan dengan cara-cara sehat, damai dan Badunsanak sesuai arahan pak ketua KPU tadi.


"Terkait ketidakhadiran kami pada kegiatan deklarasi tadi, pertama kami mohon maaf, bahwa memang agenda-agenda untuk kami menyentuh masyarakat Kota Bukittingggi sebagai pemilik kedaulatan kota ini telah kami jadwalkan jauh-jauh hari."


"Sehingga, memang begitu sulit untuk kami tinggalkan (karena agenda kampanye kami hari ini di Kelurahan Tarok Dipo dan dilanjutkan di Belakang Balok) telah diagenda sejak seminggu yang lalu, akan tetapi pada hal yang sama-sama kita deklarasikan tadi Tim Erman-Marfendi yang hadir diacara tersebut adalah tentu mewakili kami (Erman-Marfendi) dan kami sangat menyepakati dan sangat menerima hal-hal atau ketentuan yang telah dideklarasikan tersebut.


Terlebih mengenai kesehatan, Insya Allah kami juga sangat mendukung rangkaian agenda Pilwako kota Bukittinggi harus mengedepankan standart protokol kesehatan dimasa pandemi, karena kami begitu mengharapkan bahwa kesehatan warga Kota Bukittinggi adalah yang utama diatas segala-galanya.


Untuk itu sejak awal pandemi kami telah sosialisasikan tentang pola hidup sehat, menyemprotkan desinfektan diseluruh lingkungan warga kota, berbagi masker dan handzanitaizer dan beberpa program lain, tentu semua itu adalah bentuk sikap nyata kami bahwa kami meyakini dan ingin memastikan bahwa kesehatan warga yang paling utama, kami lakukan itu dalam tindakan nyata Insyaa Allah.


Terimaksih semoga Allah melindungi, dan memudahkan setiap langkah kita, Wasallamuaalikum Wr.Wb. (an)










TerPopuler