Pakta Integritas, Calon Walikota Bukittinggi ini Tertawai Calon Wakil Walikota David Chalik -->

Pakta Integritas, Calon Walikota Bukittinggi ini Tertawai Calon Wakil Walikota David Chalik

9/27/2020, 9/27/2020



GlobalNewsIndonesia.com, BUKITINGGI- Ada pemandangan yang menarik bagi insan pers saat menyaksikan sesi penandatanganan Pakta Integritas Deklarasi Tolak Politik Uang oleh pasangan calon walikota dan wakil walikota Bukittinggi, Sumatera Barat yang digelar Bawaslu setempat, disebuah hotel, Sabtu (26/9/2020).


Momen menarik itu, kala tiba giliran  dari calon Wakil Walikota, David Chalik yang berpasangan dengan calon Walikota, Irwandi menandatangani.


Disaat menulis nama pasangannya, terlihat David tertegun sejenak seperti memikirkan sesuatu. Ketika David tertegun berpikir itulah salah seorang calon Walikota Ramlan Nurmatias nyeletuk mengatakan "Lupa ya nama pak Irwandi" namun, seketika itu juga David tetap melanjutkan goresan spidolnya. 


Sementara, semua pasangan calon yang ikut menandatangani menunggu antrian, termasuk dengan rombongan masing-masing pasangan calon terdengar ada yang tertawa, tersenyum, diam dan ada pula seolah menyemangatkan David sambil mengeluarkan ucapan," masa suasana macam ko bagarah juo" (masa suasana serius begini masih saja bercanda).


Ditanya kepada David apa yang dipikirkan atau terpikir ketika menuliskan nama, ia mengaku hanya mengingat apakah perlu gelar akademis ditulis.


"Hanya itu sejenak saya kepikiran sebab dipendaftaran ke KPU tidak menyematkan gelar. Dipendaftaran harus menggunakan nama sesuai KTP," jawab David usai mengikuti kegiatan. 


Jika tentang Ramlan yang nyeletuk (berujar secara spontan/ menyela : kbbi- red) atau iseng berkata lupa nama yang akan ditulis, ia menyikapi hal tersebut adalah hal biasa saja.


"Biasalah mungkin beliau bercanda. Beliau bercanda seperti seorang kakak dengan adik. Ah, kita jangan baper lah bang dengan hal-hal seperti itu," jawab David yang juga seorang aktor ini tersenyum  sembari mengatakan baru beberapa kali bertemu Ramlan.


Tokoh muda yang ramah itu, kemudian lebih banyak bercerita tentang pasangan-nya, penataan kota  kedepan termasuk persoalan masyarakat, ekonomi, adat dan budaya serta agama.


"Saya bersedia sebagai wakil beliau (Irwandi Dt. Batujuah) disebabkan beliau lebih memahami tata cara pemerintahan. Pasti masyarakat kita sudah mengenal siapa beliau. Dan kata hati saya, bersama beliau, apa yang diinginkan masyarakat kota kedepan agar Bukittinggi lebih baik disegala bidang, Insha Allah akan terwujud," ujar David mengaku ingin dan ikhal mengabdikan dirinya untuk kemajuan Bukittinggi.


Bawalu Harapkan Tak Terjadi Pelanggaran 


Disis lain, seperti diketahui, Deklarasi yang digelar Bawaslu Bukittinggi itu diikuti para kontestan,  Forkopimda, Polri, TNI, Parpol termasuk KPU. Acara tersebut membahas tentang tolak politik uang, politisasi Sara, hoaks juga soal ujaran kebencian. 


Hal itu juga diingatkan Ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzi Haryadi. Menurut dia pemilu serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang, akan berpotensi terjadi berbagai pelanggaran. 


"Dengan digelarnya deklarasi ini, segala bentuk pelanggaran seperti tolak politik uang, politisasi Sara, hoaks dan ujaran kebencian, kita harapkan tidak terjadi," harap Ruzi. 


Pilkada Bukittinggi 2020 itu, diikuti tiga pasangan calon yaitu Ramlan Nurmatias-Syahrizal dengan urut 1, Erman Safar-Marfendi nomor urut 2 dan Irwandi-David Chalik, nomor urut 3. (AN)

TerPopuler