Pelajaran Informatika Wajib Jadi Pelajaran Di Kuriulum Baru -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Pelajaran Informatika Wajib Jadi Pelajaran Di Kuriulum Baru

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
9/22/2020


GlobalNewsIndonesia.Com-BORONG, -Kurikulum baru bakal menjadikan mata pelajaran informatika sebagai pelajaran wajib untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA),Senin 21/09/2020.

Hal ini diungkap dalam dokumen paparan sosialisasi penyederhanaan kurikulum dan asesmen milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan KEMENDIKBUD. Dalam pemaparannya itu, terdapat sejumlah perubahan mata pelajaran dalam kurikulum baru tersebut.

Kelas 10 jenjang SMA, terdapat banyak perubahan dan penyederhanaan mata pelajaran. Ada dua mata pelajaran baru yang wajib diikuti siswa, yakni informatika dan program pengembangan karakter. Sedangkan pelajaran bahasa dan sastra mandarin dihapus.

Mata pelajaran biologi, fisika, dan kimia digabung menjadi IPA. Pelajaran sejarah Indonesia dan ekonomi berubah menjadi IPS. Pelajaran seni budaya dan prakarya serta kewirausahaan digabung menjadi seni dan prakarya.

Selanjutnya, kelas 11 dan 12 jenjang SMA, pelajaran informatika lanjutan dikelompokkan sebagai mata pelajaran pilihan untuk jurusan IPA. Sama dengan sejarah yang menjadi mata pelajaran pilihan untuk jurusan IPS. Dengan demikian, siswa bisa memilih atau tidak memilih pelajaran tersebut.

Sedangkan, jenjang SMP pelajaran informatika serta seni dan prakarya dipisah. Pelajaran tersebut dijadikan mata pelajaran sendiri. Pada kurikulum 2013, keduanya digabung menjadi prakarya dan informatika.

Tidak ada banyak perubahan jumlah atau proporsi mata pelajaran di jenjang SMP. Kebanyakan perubahan berfokus pada kompetensi dan isi mata pelajaran.

Sedangkan di jenjang SD perubahan mata pelajaran berfokus pada proporsi jam belajar untuk menguatkan fondasi kompetensi dan perkembangan karakter siswa.

Paparan draf kurikulum yang disederhanakan itu masih dalam proses pembahasan di lingkungan internal jelas kepala pusat kurikulum dan perbukuan kemendikbud Maman Fathurrahman.

Maman juga menuturkan Apa yang beredar semuanya dalam bentuk kajian akademik, masih berproses dan menerima banyak masukan dari berbagai pihak.

Kemendikbud juga menganggarkan Rp1,49 triliun sebagai upaya mendigitalisasi sekolah. Anggaran tersebut akan dipakai untuk penyediaan sarana TIK di sekolah, penguatan platform digital, mengembangkan konten belajar di TVRI, dan bahan belajar pendidikan digital.

Kurikulum baru benar-benar bisa diterapkan pada tahun ajaran 2022. Kurikulum hasil penyederhanaan ini baru diimplementasikan secara terbatas mulai tahun ajaran 2021 Tambah maman.

Maman juga menjelaskan, hasil penyederhanaan kurikulum dan berbagai regulasi terkait mungkin diterapkan tahun 2022.

Perubahan kurikulum ini ramai diperdebatkan setelah pelajaran sejarah akan dihapus sebagai mata pelajaran wajib.

Keputusan tersebut masih dalam pembahasan dan mata pelajaran sejarah tak akan dihapus dari kurikulum jelas mentri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim.

Masih puluhan versi struktur kurikulum berbeda dan masih dibahas juga bakal diuji publik kata Nadien.

" Wensislaus"