-->

Orang Kajang Pilih Siapa di Pilkada Bulukumba?



GlobalNewsIndonesia.Com-BULUKUMBA, - Tokoh masyarakat Kajang, Marsuki S.Pd menegaskan bahwa pada Pilkada Bulukumba masyarakat Kajang tidak boleh salah pilih pada Pilkada Bulukumba 9 Desember 2019 mendatang.

Dia menegaskan bahwa Kajang tidak akan pernah kehabisan figur dan tokoh yang bertarung pada kontestasi Pilkada Bulukumba. Meski beberapa nama putra putri Kajang mempersiapkan diri maju pada Pilkada mendatang, namun kemudian gagal.

Marsuki menuturkan, bahwa harkat, martabad dan harga diri orang Bulukumba bagian timur, khususnya yang ada di Kajang saat ini digantungkan di pundak pasangan Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab tak ada yang bisa membantah Tomy Satria adalah keturunan Kajang asli. Di darahnya mengalir darah Kajang. Hal itu dijelaskan Marsuki dalam orasinya.

"Kajang harus Allemo sibatu. Artinya harus bersatu menjaga harkat martabad, harga diri dan gengsinya orang kajang. Kita tidak boleh diremehkan, Kajang tidak pernah kehabisan calon, jika yang lain belum diberi kesempatan, sekarang ada pak Tomy Satria Yulianto dan kita harus bersatu di sana," kata Marsuki.

Dia melanjutkan, tidak ada yang bisa mengingkari bahwa TSY, akronim nama Tomy Satria adalah orang Kajang. Sebab orang tuanya orang kajang bahkan kakeknya dikenal sebagai tokoh masyarakat kajang, lahir hingga meninggal dan dikubur di Kajang. Ia adalah Kr. H. Sengo.

"Jangan sampai ada yang bertanya siapa itu pak Tomy? Tomy itu orang kajang, orang tuanya orang kajang, tiap tahun ziarah kuburan di Bungayya, kuburan nenek beliau," ungkap Marsuki.

Olehnya, dia mengajak kepada seluruh warga Timur Bulukumba, khususnya Kajang untuk memilih figur yang bisa menjaga harga diri Kajang.

Lebih detil ia menjelaskan bahwa Tomy Satria memiliki garis keturunan langsung dari tokoh Kajang Boto Daeng Pabeta. Dimana TSY merupakan garis keturunan ke tujuh.

"Kenapa kita tidak memilih putra Kajang sendiri? Tidak ada jawaban rasional. Kenapa memilih yang ada di luar yang tidak menghargai kita, sementara ada yang menjaga harkat dan martabad kita," ungkapnya.

Tidak hanya marsuki, tokoh masyarakat lainnya Alkhaisar dan H. Musa, keduaya adalah anggota DPRD Bulukumba menegaskan bahwa Tomy Satria adalah pemimpin masa depan yang memiliki kemampuan leadership menjadi kepala daerah. Punya pengalaman dan latar pendidikan ilmu pemerintahan.

"Pemimpin yang dibutuhkan itu adalah yang memiliki kemampuan kecerdasan, selalu hadir di tengah masyarakat saat dibutuhkan. Elagiter dalam artian tidak memberikan jarak antara dirinya dengan masyarakat, dan pribadi itu ada sama putra Kajang pak Tomy Satria," ungkap H. Musa..( Is )