Tingkatkan Profesionalisme Beri Pelatihan Pengurus Koprasi -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423 Hosting Unlimited Indonesia

Tingkatkan Profesionalisme Beri Pelatihan Pengurus Koprasi

8/13/2020, 8/13/2020

 

   GlobalnewsIndonesia.com ; Lahat, Sumsel – Agar fungsi koprasi dapat dirasakan keberadaannya oleh masayrakat khususnya anggota yang tergabung, Dinas Koprasi dan UKM Kabupaten Lahat bekerjasama dengan PT Bkit Asam,tbk memberikan pelatihan kepada sebanyak kurang lebih 100 pengurus yang aktif dibalroom hotel Grand Zuri Lahat Kamis (13/8). Dengan pembinaan yang dilakukan diharapkan mampu mengembangkan sektor usaha dimasayrakat dan tidak lagi fokus dalam sistem simpan pinjam dana. 

    Kepala Dinkop dan UKM Kabupaten Lahat Yahya Eduar,MM melalui Kabid Pemberdayaan Koprasi Mukhri Safa’at,SE mengatakan, pelatihan diberikan kepada seluruh pengurus koprasi yang ada dikabupaten Lahat, dan saat ini terdata ada sebanyak 339 pengurus koprasi namun yang aktif tidak mencapai 200. Dengan adanya pelatihan yang diberikan diharap kan mampu meningkatkan profesionalisme pengurus dalam melaksanakan system dilapangan.

     “Kegiatan ini bekerja sama dengan PTBA,tbk, selama ini para pengurus koprasi hanya fokus pada sistem simpan pinjam dan kedepan dengan pelatihan yang diberikan diharap kan sektor UKM (Usaha Kecil Menengah) masyarakat dapat berkembang,”ujarnya. 

    Dijelaskan, Fakhri untuk bantuan dana yang diberikan kepada pelaku usaha selama ini dilakukan secara profesional dengan mematuhi aturan yang berlaku seperti ada unit usaha atau bentuk usaha masayrakat, ada lokasi dan survey oleh tim yang ditunjuk agar dana yang dikucurkan benar-beanr tepat sasaran.

    “Bagi yang telah tergabung tentu sudah memahi mekanisme yang ada namun bagi pengurus koprasi yang baru tentu akan melalui pembinaan terlebih dahulu, kedepan pelatihan seperti ini akan terus dilakukan agar tingkat kesejahteraan masayrakat dapat terwujud melalui Koprasi,”imbuhnya. 


     Sementara itu, Hamidah salah satu peserta pelatihan menuturkan, sangat apresiasi dan senang dengan langkah pembinaan yang diberikan oleh Dinkop dan UKM kabupaten Lahat. Apalgi saat ini sistem pengembangan dan bantuan usaha lebih difokus kan karena sebelumnya koprasi banyak yang menerapkan sistem simpan pinjam.

    “Mudah-mudahan setelah pelatihan ini ilmu yang kami dapat dapat memberikan efek positif baik bagi anggota koprasi maupun masyarakat. Karenanya, kedepan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar manfaatnya bisa semakin dirasakan,”pungkasnya.(Arm)


TerPopuler