Serda Eko Motifasi Warga Pengumpul Barang Bekas di Wilayahnya,Ini Alasannya -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Serda Eko Motifasi Warga Pengumpul Barang Bekas di Wilayahnya,Ini Alasannya

8/05/2020
Globalnewsindonesia.com,Surakarta - Babinsa Kelurahan Sangkrah Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735 Surakarta Serda Eko selalu aktif dalam Pembinaan Teritorial diwilayah binaanya, termasuk dengan para pengumpul barang bekas atau Rongsok  pememulung yang berada di wilayahnya Selasa (04/08/2020).

Serda Eko mengatakan “Komsos pengumpul barang bekas sengaja dia dilakukan bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada warga binaannya agar mau peduli terhadap kebersihan lingkungan apa lagi di terapkan nya New Normal dalam pandemi Covid 19, masyarakat harus Peduli sama lingkungan nya sehingga pemukiman mereka tidak kelihatan kumuh serta terhindar dari penyakit”, Saya selaku Babinsa secara terus menerus mengingatkan tentang kebersihan lingkungan.

Serda Eko menyambangi Heri Masyanto seorang pengumpul barang bekas di RT 02 RW 02 wilayah Kel Sangkrah.

Di dalam komsosnya tersebut Seda Eko menyampaikan Dengan mengobrol dan anjang sana yang merupakan bagian dari komukasi sosial diharapkan warga yang tinggal diwilayah binaannya selalu memperhatikan masalah  protokol kesehatan Kebersihan lingkungan” Karena menurutnya Kebersihan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan tempat tinggal kita sendiri.

Masih banyak  masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan.

Selain itu sebagai seorang Aparat Komando Kewilayahan seorang Babinsa memang harus dekat dengan warga. karena hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, namun juga pada Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap kejadian.

 “Kedekatan kami dengan masyarakat akan menambah cepat quick response yang kami berikan terhadap laporan yang masuk setiap hari,” Tegas Serda Eko.

Ditemui ditempat terpisah Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Cpl Warji mengatakan pekerjaan pengumpul barang bekas /pemulung sering dianggap memiliki konotasi positif. Pekerjaannya mencari barang bekas, membuat sebagian besar orang menganggap remeh pemulung.
Namun, dengan kehadiran Babinsa diharapkan lingkungan dapat terbebas dari barang bekas yang bila dibiarkan bisa menjadi sampah. Mereka juga membantu pemerintah dalam mengelola sampah. Selain itu Kapten Cpl Warji juga memerintahkan kepada Babinsa sebagai aparat Komando kewilayahan dituntut harus mampu melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan seluruh komponen masyarakat diwilayahnya binaan nya masing-masing, mulai dari Alim Ulama, Pengusaha hingga pelaku kriminal, tak terkecuali Pengumpul barang bekas/Pemulung, tegasnya.

Sukir yang sehari-harinya bekerja mencari barang bekas yang masih mempunyai nilai jual, untuk dijual kepada pengepul dan uang yang diterima guna mencukupi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari. Dia mengucapkan terima kasih kepada bapak Babinsa yang sering menyambanginya dan mengingatkan betapa pentingnya kebersihan lingkungan rumahnya, ucapnya.

(Arda 72 Pendim Surakarta)