Pernah Dengar Kata ini: Cappu Rabai Mula Kammisi -->

Pernah Dengar Kata ini: Cappu Rabai Mula Kammisi

8/19/2020, 8/19/2020

GlobalNewsindonesia.com-Bantaeng, -Cappu Rabai Mula kammisi, Hari ini dianggap hari yang buruk ada pula yang mengsakralkan 1 Muharam dimana hari ini jarang dipakai orang tua dalam melaksanakan kegiatan atau pesta tapi bagi ummat islam dianjurakan melaksanakan, Amala dalam menyambut Tahun Baru islam 1442 H, yang jatuh pada hari Kamis,20 Agustus 2020

"Kata Cappu Rabai Mula Kammisi adalah ungkapan Bahasa Bugis Makassar yang artinya Bulan yang berahir dengan Hari Rabu dan dimulai dengan Hari Kamis dengan awal tahun, yang dipakai orang tua dalam tradisi menghitung Hari."

Hari ini banyak yang menggap sakral atau panas bagi kepercayaan orang tua dahulu, namun percaya atau tidak, sebagai ummat islam kita pattut beriktiar dan introkpeksi diri.

Tahun baru datang sebagai pengingat untuk melihat apa yang telah kita kerjakan di tahun sebelumnya. Oleh karenanya, awal tahun menjadi awal yang tepat bagi kita untuk memperbaiki diri terhadap apa yang telah diperbuat di masa lalu.

Maka, di Bulan Muharram ini dianjurkan untuk melakukan amalan ketaatan dan kebaikan untuk memperbaiki kualitas diri.

Adapun, beberapa amalan yang dianjurkan dan baik dilakukan pada Bulan Muharram antara lain ber puasa suro, bersikir banyak mengingat Allah.

"Ini bulan haram (suci), maka perbanyaklah ibadah yang menuntun mu pada kebaikan seperti berpuasa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,"

dalam  HR Muslim Dari Abu Hurairah  radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ الله الْمُحَرَّمِ

Artinya : “Sebaik-baik puasa/shaum setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim)


Selamat Tahu Baru 1 Muharam 1442,H Barakka umuru lattu ahera.(*) petta lolo

TerPopuler