-->

Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H di Masjid Baiturrohim Ranupani Lumajang


Suasanaperingatan Tahun Baru di Masjid Baiturrohman.

Globalnewsindonesia.com,- Lumajang,- Semangat perjuangan muslim Ranupane tidak pernah kendor didalam mensyiar'kan Islam di bumi masyarakat suku Tengger.

Terbukti hari Kamis, 20 Agustus 2020, dalam menyambut datangnya tahun baru Islam 1442 H, Takmir Masjid Baiturrohim desa Ranupane Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang mengadakan pengajian umum.

Dalam sambutan pengatarnya Jokosari selaku ketua Takmir Masjid Baiturrohim menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas segala partisipasinya hingga terlaksananya acara pengajian umum ini.


Sebelum pelaksanaan pengajian terlebih dulu diisi dengan acara pembagian hadiah berbagai macam lomba keagamaan.

Hadirin sangat hening dan menyimak saat ceramah agama yang disampaikan oleh Kyai H.Hanani dari pondok pesantren Darussa'adah Gubuk Klakah Malang.

Pengajian ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Romo Yai Basari dari Ponpes Darussa'adah.

Pengunjung memadati Masjid Baiturrohim yang merupakan masjid kebanggaan warga muslim Ranupani.

Bangunan Masjid yang menempati tanah waqof dari almarhum H .Amin  salah satu sosok muallaf kharismatik dan sosok warga muslim pertama yang menunaikan ibadah haji, di Desa Ranupani kata Imam Koderi.

Desa Ranupani berpenduduk hampir 1600 jiwa, sedangkan yang 1200 jiwa lebih beragama Islam, kata Bagus Sekretaris Desa Ranupani.

Syukur Alhamdulillah perkembangan syiar Islam dibumi warga yang asli suku Tengger sangatlah membanggakan, kata Kangsan membandingkan bila sekitar tahun sembilan puluhan warga muslim masih dalam kisaran dua ratusan.

Semoga dengan datangnya Tahun baru 1442 H ini, keharmonisan dan kerukunan hidup beragama dibumi masyarakat Tengger Ranupani bertambah mesra dan damai. (Tofik)