Mahasiswa KKN UMP Bekerjasama Dengan Yayasan Siaga Peduli Cilacap Salurkan Daging Qurban -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Mahasiswa KKN UMP Bekerjasama Dengan Yayasan Siaga Peduli Cilacap Salurkan Daging Qurban

8/01/2020, 8/01/2020

GlobalNewsIndonesia.com, Cilacap – Bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1441 H , Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Yayasan Siaga Peduli melakukan pemotongan dan pendistribusian daging Qurban ke sejumlah wilayah di Cilacap, Jawa Tengah. Jumat (31/07/2020)

Total sebanyak 14 ekor hewan qurban disembelih dan disebarkan di masing-masing kelurahan yakni Kubangkangkung, Brebeg, Gandrungmangu dan Sidanegara.

Dibenarkan oleh Nurindah, Ketua Kelompok KKN 02 Cilacap ini menjelaskan program tersebut merupakan bagian dari program kerja.

“ syukur alhamdulillah untuk KKN kali ini kami berkesempatan bekerjasama dengan mitra sasaran kami untuk melaksanakan kegiatan, termasuk bersama Yayasan Siaga Peduli yang telah berbaik hati mengizinkan kami bergabung dalam kegiatan pendistribusian daging qurban “

Gesti Ayu, salah satu anggota menjelaskan, inisasi program kerja yang dicanangkan memang sudah direncanakan untuk mengisi kegiatan selama Idul Adha. Pelaksanan dilakukan tidak semata oleh mahasiswa KKN, namun dibantu oleh relawan dan tentunya pihak mitra.

Meskipun tak dihadiri langsung Dosen Pembimbing Lapangan M Agung Miftahudin, S.E, M.SI untuk melakukan monitoring karena terkendala jarak dan situasi,  mereka mengaku tetap antusias melaksanakan kegiatan.

Terkait teknis pelaksanaan mengacu ketat pada protokol kesehatan selama masa Pandemi Covid-19.

Nadia Cilarisinta, selaku penanggung jawab Yayasan Siaga Peduli mengatakan bahwa kegiatan pemotongan hewan tetap berpedoman standar operasional penyembelihan Qurban Idul Adha khusus masa pandemi kali ini, dimana pelaksanaannya dilakukan hanya beberapa orang terpilih, yaitu  petugas penyembelihan, panitia, dan unsur pendukung lain.

Dia menambahkan, panitia tegas tidak mengijinkan warga yang tidak memiliki kepentingan untuk masuk ke area penyembelihan, apalagi menonton karena bisa menimbulkan kerumunan warga.

Kemudian, dengan adanya adanya pendistribusian di empat kelurahan (Kubangkangkung, Brebeg, Gandrungmangu dan Sidanegara), harapannya warga yang kurang mampu bisa menikmati daging pada hari Idul Adha ini” Ujar Feti Setyarini, salah satu anggota KKN dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  tersebut. (gyh)

TerPopuler