PKL Pemkab Tawarkan Opsi Pasar Kangkungan -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

PKL Pemkab Tawarkan Opsi Pasar Kangkungan

7/27/2020, 7/27/2020


            GlobalnewsIndonesia.com ; Lahat Sumsel  - Protes yang dilakukan para pedagang PTM (Pasar Tradisional Moderen)  Serelo hingga berujung demo beberapa waktu lalu direspon Pemkab Lahat. Agar menghindari para pedagang dari banyaknya retribusi ilegal seperti yang selama ini menjadi akar permasalahan, maka ratusan pedagang yang resah diberi opsi untuk pindah ke pasar Kangkungan milik Pemkab Lahat yang lokasi nya tidak jauh dari PTM Serelo Lahat.
            Kepala Disprerindagkop Lahat Fikriansyah,MM mengatakan, sebelumnya ratusan pedagang PTM Serelo menyampai kan keluhan terkait maraknya retribusi diPTM Serelo namun karena pasar tersebut murni milik swasta maka Pemkab Lahat akan menjadi fasilitator guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Karenaya, opsi pindah kepasar Kangkungan menjadi hal yang terbaik diberikan ke pedagang jika permasalahan ini masih berlarut.
            “PTM Serelo murni milik swasta sehingga kepengolaan nya oleh pihak perusahaan bukan UPTD. Setelah berkoordinasi dan sesuai arahan Pak Sekda kepada saya yang ditujukan kepada para pedagang buka lapak di Pasar Kangkungan agar digratiskan restribusi selama satu tahun,”ujarnya.
            Dijelaskan nya, langkah menggratis kan segala retribusi akan menjadi pilihan yang tepat guna mengatasi pengeluaran para pedagang jika beraktivitas di pasar Kangkungan sepi pembeli. Namun jika pasar Kangkungan ada pedagang yang membuka lapak maka bukan tidak mungkin pasar tersebyut menjadi pilihan utama masyarakat berbelanja selain PTM Serelo Lahat. “Saat ini ada sekitar 250 sampai dengan 280 kios yang siap diisi oleh para pedagang dan nantinya bisa menghubungi dinas kami untuk informasi lebih lanjut,”imbuhnya.
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lahat, Subranudin SE MAP juga mengatakan hal yang sama mengratiskan para pedagang yang akan menempati kios di Pasar Kangkungan. “Silakan para pedagang untuk buka lapak di kios kosong dalam Pasar Kangkungan, kami selaku pihak penarik retribusi akan mengratiskan biaya itu,”pungkasnya.(Kyung)


TerPopuler