Pemkab Purwakarta Terus Berkomitmen Tekan Angka Stunting -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Pemkab Purwakarta Terus Berkomitmen Tekan Angka Stunting

6/30/2020

Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta ,- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika terus menekan angka stunting di wilayah pemerintahannya. Stunting merupakan kondisi dimana tubuh manusia tak bisa tumbuh dan berkembang secara normal terutama untuk pertumbuhan anak-anak.

Kondisi ini diakibatkan oleh kurangnya asupan gizi pada makanan si ibu selama kehamilan, sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit. Salah satu upaya yang ia lakukan yakni memberikan makanan bergizi kepada anak-anak dan vitamin kepada ibu hamil.

"Kita sudah menginstruksikan kader (posyandu) di tiap desa untuk mensosialisasikan pola hidup sehat dan pemberian vitamin kepada ibu hamil," Ujar Anne setelah mengisi acara Rembuk Stunting di Aula Janaka, Sekretariat Kabupaten Purwakarta, Selasa (30/06/2020).

Berdasarkan data tahun 2017 yang telah diperbaharui oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, terdapat ribuan anak mengalami stunting.

"Menurut data Kementerian Kesehatan tahun 2017, namun sudah diperbaharui Dinkes Purwakarta, ada kurang lebih 8000 anak yang dianggap stunting di Purwakarta. Kondisi ini tersebar di 7 kecamatan dan 27 desa," Jelasnya.

Ia menegaskan, jajarannya akan terus berkomitmen dalam menekan angka stunting dengan melakukan survei gizi, monitoring dan sosialisasi ke masyarakat.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan bersinergi dengan seluruh stakeholder pemangku kepentingan, berkontribusi dalam mencegah dan menurunkan kondisi tersebut.

"Hari ini penandatanganan seluruh stakeholder, termasuk dinas terkait untuk punya komitmen bersama-sama dalam upaya penanganan dan pencegahan, termasuk penurunan angka stunting di Purwakarta. Nanti hasil rembukan ini akan menjadi suatu perencanaan pembangunan kedepannya, apa yang harus dilaksanakan dan apa yang sudah dilakukan, saya yakin ini akan menjadi langkah yang terintegrasi dengan baik," tegasnya.

Ia memiliki target, dalam kurun waktu 3 tahun, penurunan angka stunting mencapai 20%.

"Sesuai dengan kemenkes, target penekanan angka stunting dibawah 20%, sampai dengan tahun 2023. Jadi kita ada waktu 3 tahun bersama-sama untuk terus menurunkan angka stunting sampai dibawah 20%," Ucap Anne.

Selain itu ia berharap, komitmen orang tua dalam menekan angka stunting di Purwakarta. Karena, penanganan stunting ini bukan hanya dilakukan pemerintah, terdapat peran serta pengasuhan orang tua.

"Orang tua juga harus memiliki komitmen yang sama, bahwa anak-anak ini harus ditangani dengan betul. Kemudian juga ada anak yang stuntingnya disertai dengan penyakit, penanganannya harus eksklusif atau betul2 ditangani dengan baik," imbuhnya. (RK)