DPPKB Akan Gratiskan Layanan KB Dalam Peringatan Harganas -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




DPPKB Akan Gratiskan Layanan KB Dalam Peringatan Harganas

6/17/2020

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 yang akan digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta pada 29 Juni 2020 mendatang. Bakal diisi oleh kegiatan bakti sosial pelayanan KB gratis.

GlobalNewsIndonesia.Com,- Purwakarta,-
Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Nurhidayat mengatakan, dinas akan menggelar pelayanan KB gratis dalam program pelayanan kontrasepsi 1 juta akseptor yang secara serentak di seluruh Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan pelayanan KB gratis tersebut diikuti para peserta dengan berbagai jenis pelayanan KB. Antara lain metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, implant dan vasektomi. Selain itu pihaknya juga memberikan pelayanan metode kontrasepsi jangka pendek seperti pil, suntik KB dan kondom.

"Kita melakukan pelayanan gratis ini guna meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat Purwakarta dan juga memperingati Harganas ke-27," kata Nurhidayat, Selasa (16/06).

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan akses pelayanan KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang di wilayah dan sasaran khusus terutama di Kabupaten Purwakarta.

"Untuk program KB masih harus terus dilakukan karena masih ada masyarakat yang belum menyadari pentingnya KB. Untuk pelayanannya kita bagi 3, yakni kontrasepsi IUD dan implant tersebar di 20 puskesmas di seluruh Purwakarta," ujarnya.

Sementara untuk kontrasepsi suntik KB masyarakat bisa mendatangi 288 bidan praktek mandiri yang terdaftar di DPPKB Kabupaten Purwakarta, sedangkan untuk pelayanan kontrasepsi pil dan kondom akan dilibatkan  kader KB seperti Pos KB Desa dan Sub Pos KB yang ada  di tingkat Desa hingga RW di seluruh Purwakarta. Untuk memberikan alat kontrasepsi kepada sasaran.

Kata dia, perencanaan keluarga adalah poin penting yang harus dipersiapkan setelah menikah. Dengan perencanaan keluarga yang matang, pasangan bisa mengembangkan diri dan karier.
Kemampuan untuk merencanakan kehamilan termasuk memilih kontrasepsi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi perempuan.

"Di sisi lain, kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak bisa dimaksimalkan, maka dari itu kami mengajak seluruh pasangan usia subur dalam rangka menjarak kehamilan dan menjaga harmonisasi rumah tangga, untuk mengikuti program pelayanan kontrasepsi 1 Juta aseptor pada 29 Juni 2020 mendatang," ajak Nurhidayat. (Mjn)