Ispirasi di tengah Pandemi Covid-19 Ansar, Sulap Lahan Kosong Menjadi Kebun Sayur dan Buah -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Ispirasi di tengah Pandemi Covid-19 Ansar, Sulap Lahan Kosong Menjadi Kebun Sayur dan Buah

5/24/2020, 5/24/2020


GlobalNewsindonesia.com-Bantaeng.; Di tengah pandemi covid-19 yang kini melanda, dimana yang paling menghawatirkan adalah ketersedia,an bahan pangan yang begitu krusial.

Meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan stimulus dengan berbagai bantuan sosial seperti PKH, BPNT, BST dan BLT, namun itu tak menjamin. Apalagi acaman krisis pangan kini harus diantisifasi dengan tanaman jaka pendek seperti sayur dan Buah.

Hal ini membuat salah satu warga Kampung kayangan Kel.Bonto Rita, Kabupaten Bantaeng, memanfaatkan lahan seluas 20x15 untuk dijadikan kebun campur-campur untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

Menurut Ansar, lahan perumahan yang dia beli sebanyak 2 kaplin di jadikanya sebagai kebun dan ditanami berbagai jenis sayur-sayuran seperti, terong, Cabe besar, kacang tanah, peria, kacang panjang, ubi jalar dan kemangi.
Tak hanya itu dirinya juga sudah mempersiapkan bibit pepaya Kalivornia untuk tanaman Berikutnya.

" Alhamdulillah untuk memenuhi kebutuhan sudah lumayan cukup bahkan sudah ada yang saya jual ke pasar. Meski ini adalah pelarian disaat pandemi Covid-19 karna tidak adanya Job pekerjaan yang masuk, sekaligus mengisi waktu, tapi hasilnya..ya cukup untuk kebutuhan" ungkapnya.

Mukin ini juga bisa menjadi ispirasi bagi warga di tengah perkotaan untuk memanfatkan lahan kosong dan pekarang rumah, untuk dijadikan kebun sayur dengan pola pekarangan karna sangat bermanfaat sebagai:

1. Sumber pangan, sandang dan papan penghuni rumah

2. Sumber plasma nutfah dan ragam jenis biologi,

3. Lingkungan hidup bagi berbagai jenis satwa,

4. Pengendali iklim sekitar rumah dan tempat untuk kenyamanan,

5. Penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen,

6. Tempat resapan air hujan dan air limbah keluarga ke dalam tanah,

7. Melindungi tanah dari kerusakan erosi, sekaligus

8. Tempat pendidikan bagi anggota keluarga, Mukin ada tertarik ayo manfaatkan lahan pekarangan anda.(*) Abm

TerPopuler