Distribusi BLT Diperpanjang Pemkab Tunggu Usulan Kades -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Distribusi BLT Diperpanjang Pemkab Tunggu Usulan Kades

5/28/2020, 5/28/2020


            GlobalnewsIndonesia.com ; Lahat Sumsel – Dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) dari dana Desa yang diperpanjang masa penyalurannya menjadi Enam bulan dari Tiga bulan membuat Pemkab melalui dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) mendesak agar seluruh kepala Desa yang ada untuk segera mengajukan surat usulan resmi ke Pemkab Lahat sebagai dasar hukum agar tidak menjadi permasalahan dikemudian hari.
            Hal tersebut dikatakan kepala PMD kabupaten Lahat Ekman Mulyadi,Ssos melalui Kabid keuangan Yanuar, dimana sebelumnya warga menerima dana BLT hanya selama Tiga bulan saja dengan nominal sebesar Rp. 600 ribu per bulan untuk bulan April, Mei, Juni 2020. Namun sekarang menjadi 6 bulan untuk di bulan selanjutnya dengan nominal 300 ribu per bulan.
“Untuk dana tambahan selama Tiga bulan BLT dana Desa itu masih berpacu pada 25 – 35 persen dana maksimal dari dana desa itu sendiri. Jadi kalau ada desa yang dana BLTnya sudah habis di angka maksimal, maka Kades harus buat pengajuan ke Bupati, agar dana desa dapat digunakan untuk BLT di tiga bulan tambahan tersebut,”imbuhnya.
Selain itu, dalam penerapan nya diharapkan agar para Kades berhati hati dalam menentukan penerima BLT Dana Desa, agar bantuan tersebut tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya. “Karena jika hal itu terjadi, tentu akan beresiko, dimana yang menjadi tim audit BLT Dana Desa itu nantinya terdiri dari Inspektorat, Camat dan BPD setempat,”imbuhnya.
Sementara itu, Ruslan (55) warga desa Karang dalam menuturkan, sangat senang dengan adanya kabar akan menerima BLT hingga bulan Desember 2020. Apalagi saat ini mata pencarian sebagai Kuli kasar sangat terganggu karena ancaman pandemi Corona. “Sebelumnya sudah menerima BLT dari Kades dan mudah –mudahan dengan adanya perpanjangan dapat membantu meringankan beban perekonomian seluruh masyarakat yang tidak mampu.”pungkasnya.(Herman Cbr)


TerPopuler