Pemkab Purwakarta Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Pasar Tradisional -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Pemkab Purwakarta Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Pasar Tradisional

4/21/2020

Globalnewsindonesia.com - purwakarta ; Sejumlah pasar tradisional, termasuk fasilitas publik lain yang selama ini jadi simpul kerumunan warga, menjadi perhatian serius jajaran Pemkab Purwakarta di masa tanggap Covid-19 ini.

Salah satu upaya pemerintah, tak lain dengan membantu menyiapkan sejumlah sarana penunjang kebersihan dan kesehatan guna meminimalisir penyebaran wabah virus mematikan itu.

Misalnya, dengan menyiapkan tempat cuci tangan berikut sabun antiseptiknya untuk masyarakat yang berbelanja ke sejumlah pasar tradisional di wilayah itu.

Kepala Dinas Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (KUPP) Purwakarta, Karliati Djuanda mengatakan, dinasnya mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan bantuan sarana kebersihan tersebut. Besarannya, mencapai Rp 500 juta.

"Anggaran tersebut, telah dibelanjakan beberapa perlengkapan kebersihan dan telah dibagikan ke seluruh pasar tradisonal yang ada di wilayah Purwakarta," ujar Karliati kepada awak media, Selasa (21/4/2020).

Adapun sarana kebersihan dalam Bantuan Tidak Terduga (BTT) kegiatan penanganan Covid-19 di anggaran yang ada dinasnya itu, lanjut Karliati, meliputi pengadaan tong sampah, alat semprot termasuk cairan disinfektannya, hingga alat pelindung diri (APD), semilsal sarung tangan, masker, baju parasite dan sepatu bot.

"Anggaran tersebut, juga termasuk untuk pembuatan fasilitas cuci tangan di seluruh pasar yang ada, termasuk UPTD Keramik dan pasar kuliner. Untuk bantuan ini, sudah didistribusikan ke masing-masing pasar. Dengan bantuan ini, diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang tengah mewabah itu," kata dia.

Pasar, menurutnya selama ini menjadi simpul kerumunan masyarakat. Atas dasar itu, di masa pandemi covid-19 ini, pihaknya harus menyiapkan upaya pencegahan. Supaya penyebaran virus corona bisa diantisipasi.

Dia berpendapat, penyebaran virus, termasuk corona bisa dicegah. Salah satunya, dengan membiasakan atau meningkatkan kesadaran mengenai pola hidup bersih dan sehat. Misalnya, dengan menyeringkan cuci tangan di air mengalir dengan sabun antiseptik sebelum dan sesudah beraktifitas.

"Selain memberikan bantuan fasilitas kebersihan dan APD, kami juga telah memasang imbauan yang berisi perhatian supaya masyarakat yang datang ke pasar, itu wajib cuci tangan," tuturnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga telah meminta seluruh perangkat di UPTD masing-masing pasar untuk terus mengampanyekan PHBS, supaya para pedagang pun bisa lebih meningkatkan kebersihan di lingkungan pasar.

"Selain sudah ada tempat cuci tangan, kami juga telah meminta supaya mengintensifkan penyemprotan di seluruh areal pasar. Supaya, tercipta rasa aman bagi pedagang yang ada di pasar maupun pengunjung," demikian Karliati. (RK)