Wardiman Djojonegoro: Kreativitas dan pasar harus seimbang dan Berkesinambungan -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Wardiman Djojonegoro: Kreativitas dan pasar harus seimbang dan Berkesinambungan

3/19/2020, 3/19/2020


GlobalNewsindinesia.com- Kupang.; Luar biasa, orang Indonesia khususnya orang timur itu daya kreatifnya tinggi, tapi belum dibina dan belum dibangkitkan sehingga dengan pendidikan disini bisa dibangkitkan.

Yang kedua adalah, ini yang masih sangat kurang di SMK kita maupun di universitas kita yaitu link atau hubungan antara kreativitas dengan pasar yang berkesinambungan.

Kreativitas dan pasar itu, harus seimbang. Maka diharuskan mempunyai kelompok-kelompok yang mendesainkan itu dan dijadikan sebagai fashion, model, yang bisa diterima oleh masyarakat kemudian menjadi marketing.

Keberhasilan desain atau kreeativitas, itu sifatnya marketing.Demikian dikatakan Wardiman Djojonegoro mantan Mendikbud Tahun 1993 itu, ketika berkunjung di SMKN 4 Kupang pada Selasa (17/3/2020).

“Meskipun kunjungan saya di Kupang pendek, tentunya saya senang dan bangga atas kemajuan di SMKN 4 Kupang. Semoga nanti bisa berkolaborasi dengan marketing, satu-satunya SMKN di Indonesia yang bisa marketing jauh di ujung dunia, tapi menembus pasarannya, itu harapan saya,” ujar Wardiman.

Mantan Mendikbud itu menyarankan kepada guru, maupun murid untuk mampu mencari kaitan dengan marketing dan fashion dan juga untuk bisa mengundang ahli fashion ke Kupang.

"Saran saya kepada bapak kepala sekolah dan guru-guru, tolonglah cari kaitan dengan marketing dengan fashion untuk minta masukan dari dekranasda masukan di pemda. Memasukan atau mengundang ahli-ahli fashion ke kupang dan bersosialisasi pada para guru dan murid,” harap Wardiman.

Ia menambahkan pendidikan di seluruh Indonesia untuk mutu pendidikan yang tinggi dan kurikulum bisa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman yang terus berubah.

“Saya ingin pendidikan itu mutunya tinggi jadi untuk itu memang harus bekerja keras karena tidur saja infrastruktur yang harus diperbaiki, tapi guru-guru diberi masukan karena dunia berubah terus berarti itu kurikulum harus disesuikan dengan perubahan. Jadi harapan saya NTT terbuka untuk mengatasi perubahan itu,” ungkap Wardiman

Lanjut dikatakannya terkait UNBK, saya sudah lama tidak bergelut.Jadi kalau saya komentar, ya saya tidak tau apa-apa, Dikatakan Wardiman UNBK tujuannya bagus sebagai alat ukur level peserta didik dan sebagai evaluasi kemajuan pendidikan.

Dirinya mengharapkan mutu pendidikan di Indonesia harus di Prioritaskan dan kurikulum harus relevansikan dengan perubahan. (Dhar)

TerPopuler