-->

Virus Hepatitis.A Meningkat Dinkes Bantaeng Lakukan Langka Antisipasi


GlobalNewsindonesia.com-Bantaeng.; Angka penderita virus Hepatitis A ahir-ahir ini diresahkan masyarakat  Kabupaten Bantaeng, terkait kejadian ini Dinas Kesehatan Bantaeng langsung turun ke lapangan menangani kejadian tersebut.

Informasi yang diperoleh, GNI melalui grup WatsApp Jurnalistik Promkes angka masyarakat terjangkit Hepatitis A meningkat pada bulan Januari 2020. Sebanyak 30 orang dan diperkirankan akan bertambah.

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan pertemuan tingkat kabupaten dengan seluruh petugas PKM dan Leb dan OPD, guna membahas langkah – langkah antisipasi pada 22 januari 2020.



Dimana Tim promkes di masing-masing PKM melakukan sosialisasi massal secara serentak yang dilakukan dimesjid, sekolah, pasar dan warga sekitar serta, pemeriksaan sampel air pada seluruh depot air minum dan melakukan inspeksi sanitasi kepada penjaja makanan yang ada di Kabupaten Bantaeng. 

Sosialisasi Pentingnya CTPS dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat menjaja makanan, dan pengendalian vektor lalat di lokasi yang tercemar sanitasi buruk.

Selanjutnya, dr Andi Ihsan menghimbau seluruh Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bantaeng untuk melakukan pemantauan berkala penjaja makanan, pemeriksaan berkala depot air minum, sosialisasi pentingnya CTPS dan penggunaan APD di kalangan penjaja makanan, dan melakukan pelaporan hasil pemantauan dan pemeriksaan.

“Kami juga menghimbau agar masyarakat agar cuci tangan pakai sabun sebelum menjajakan makanan dan mengonsumsi makanan, meningkatkan higiene perorangan, memeriksakan diri ke Puskesmas bila mengalami kondisi kesehatan yang dialami berupa gejala demam, disertai mual, muntah dan kurang nafsu makan,” himbau dia.

Dia juga mengatakan, virus Hepatitis A dapat bertahan hidup di luar tubuh selama 3-4 jam sehingga kebersiahan pangan dan kebersihan diri pribadi menjadi kunci utama penularan Virus Hepatitis A. (Red)

Side Ads

loading...