Polwan Polda Banten Berikan Trauma Healing Kepada Korban Banjir Lebak -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Polwan Polda Banten Berikan Trauma Healing Kepada Korban Banjir Lebak

1/18/2020

Serang Banten|GlobalNewsIndonesia.com;
Banjir bandang dan tanah longsor yang melanda 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak, Rabu (1/1/2020) lalu, meninggalkan trauma bagi sebagian warganya. Ditbinmas Polda Banten menurunkan Polisi Wanita (Polwan) untuk pemulihan psikis dan memberikan bantuan.

"Trauma terhadap korban bencana khususnya anak-anak tidak bisa dibiarkan berlarut-larut," kata Kasubbaganev Ditbinmas Polda Banten Kompol Melinda Berliana Efendi saat ditemui di Kota Serang, Jum'at (17/1/2020).

Menurutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam penanganan pacsa bencana. Bukan hanya revitalisasi atau menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya terberdaya, namun trauma healing perlu dilakukan.

"Pemulihan trauma pasca bencana penting dilakukan agar para korban dapat segera kembali melanjutkan kehidupannya secara normal," ujar Melinda.

Trauma healing dilakukan dengan mengajak bermain, bernyanyi dan pemberian bingkisan disela-sela permainan anak yang dimainkan bersama para pengungsi di Posko Pengungsian Ponpes Da'rul Mustafa, Cipanas, Kabupaten Lebak.

Di Posko Pengungsian tersebut dihuni sekitar 356 orang dan 108 orang diantaranya adalah anak-anak dari balita hingga remaja. Mereka mendapatkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan kebutuhan lainnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan, pihaknya sampai saat ini masih melakukan upaya penanganan pasca bencana.

Pengerahan personel dengan membantu masyarakat terdampak bencana masih dilakukan di Kecamatan Lebakgedong, Cipanas, Sajira, Maja, Curugbitung dan Cimarga.

"Termasuk pendistribusian bantuan kebutuhan khususnya wilayah terisolir dengan heli milik Kepolisian masih kita lakukan jika cuaca memungkinkan," ungkap Kombes Pol Edy Sumardi.

Rilis  : ANSORI.SH
Editor : JANGCIK