Tim Safari Ramadhan Badan Penanggulangan Bencana Aceh Kunjungi Masjid Zadul Mu'ad di Peureulak Aceh Timur -->

Tim Safari Ramadhan Badan Penanggulangan Bencana Aceh Kunjungi Masjid Zadul Mu'ad di Peureulak Aceh Timur

4/10/2022, 4/10/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Peureulak - Tim Safari Ramadhan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), di bawah koordinasi Kepala Pelaksana BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP, melakukan Safari Ramadhan 1443 Pemerintah Aceh dengan mengunjungi Masjid Zadul Mu'ad di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kota Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (09/04/2022).


Sejak tanggal 6 April 2022, Tim Safari Ramadhan BPBA sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pengelola Masjid Zadul Mu'ad Peureulak, terkait rencana pelaksanaan Safari Ramadhan 1443 H dari Pemerintah Aceh. Selain itu guna suksesnya pelaksanaan Safari Ramadhan, Tim BPBA juga melakukan koordinasi dengan Bank Aceh Syariah Cabang Idi, Bank Syariah Cabang Pembantu Peureulak, Camat Peureulak, Kepala Puskesmas Peureulak, Kepala SMAN 1 Peureulak, Geuchik Gampong Leuge dan pihak lainnya.


Adapun kegiatan yang dilaksanakan selain gotong royong, kata Abi Ilyas, Tim BPBA dan bersama Mitra Suksesnya yaitu melakukan pemasangan spanduk kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, untuk pembersihan di areal Masjid Zadul Mu'ad, penanaman pohon lengkeng dan penimbunan tanah di titik-titik yang sering terendam air di kompleks masjid serta penempatan pot bunga di seputaran masjid, guna mengimplementasikan program BEREH di rumah Allah tersebut. 


"Gotong royong melibatkan siswa/siswi dan guru SMAN 1 Peureulak, SMAN 2 Rantau Selamat, SMAN 1 Birem Bayeun dan warga sekitar serta penanaman pohon ini sebagai bentuk program penghijauan sejalan dengan program Pemerintah Aceh yakni program BEREH (Bersih, Estetis dan Hijau)," lanjut Abi Ilyas.


Di malam puncak kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Aceh di Masjid Zadul Mu'ad, dilaksanakan Shalat Isya dan Taraweh Berjamaah dilanjutkan Penyampaian Ceramah oleh Prof. Gunawan Adnan, P.hD serta Penyerahan Bantuan Dana Operasional dari BPBA untuk operasional BKM Masjid dan Bantuan Bank Aceh Syariah Idi berupa Alquran sejumlah 10 buah dan jam dinding 2 unit yang diterima langsung oleh Tgk. Syazali Yusuf mewakili Imum Chiek Imam Masjid Zadul Mu'ad. 


Saat penyampaian ceramahnya selepas taraweh berjamaah, Prof Gunawan Adnan, P,hD mengingatkan bahaya Covid-19 kepada para jamaah shalat taraweh oleh karenanya diingatkan kepada jamaah yang hadir untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat untuk menjaga imun positif supaya terhindar dari Covid-19.


Lebih lanjut Profesor Gunawan menceritakan pengalamannya pernah mengalami Covid-19 saat melakukan kunjungan ke luar Provinsi Aceh sehingga harus di karantina, namun demikian ujian tersebut dapat dilewatinya.


Bulan Ramadhan juga merupakan Bulan yang penuh berkah dan maghfirah dari Allah SWT, oleh karenanya Profesor Gunawan yang juga saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry, mengajak para jamaah untuk berlomba-lomba meningkatkan ibadah selama bulan ramadhan.


Selain itu, beliau juga menceritakan kisah suksesnya sehingga bisa meraih gelar Profesor dan mampu menguasai 7 bahasa asing, dimana semua itu tak terlepas dari ketekunan dalam belajar dan doa serta bantuan dari kedua orang tua, keluarga besar, para pendidik dan lingkungan sekitar. oleh karenanya diingatkan supaya kita senantiasa bersyukur dan tidak pernah melupakan bantuan yang telah diberikan oleh kedua orang tua atau siapapun dengan berbaktinya sehingga kita menjadi orang yang dapat bermanfaat untuk orang lain. (DAE) 


Tim Safari Ramadan BPBA dipimpin langsung oleh Kalaks BPBA, Ilyas dengan penanggungjawab di lapangan adalah Sekretaris BPBA, Ir. Muhammad Syahril, MM dengan anggota tim yang terlibat langsung sejumlah 15 orang staf BPBA.(RM)

TerPopuler