Polsek Kota Purwakarta Jelang Ramadhan Munggahan Bersama -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Polsek Kota Purwakarta Jelang Ramadhan Munggahan Bersama

4/01/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta -  Sudah tiba saatnya jelang Bulan Ramadhan 2022 tinggal menghitung hari, kebanyakan warga ramai lakukan adanya tradisi munggahan. Unit Reskrim Polsek Kota pun bersama Jajaran ikut adakan Munggahan. Jum'at 01 April 2022.


Dimana Munggahan merupakan suatu tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Ramadhan.


Dan yang  paling berpengaruh, meskipun Ramadhan di tahun 2022, masih dilalui dengan kondisi pandemi Covid -19, namun tradisi munggahan ini tidak pernah hilang," tutur Kanit Reskrim AKP. Ahmad Sodikin. SH.



Lanjutnya, bahwa tradisi munggahan biasa dilakukan oleh masyarakat suku Sunda yang biasa dilakukan beberapa hari sebelum bulan puasa.


Kemudian munggahan biasa dilakukan dengan berkumpulnya para kerabat dan keluarga untuk melakukan makan besar dan saling bermaaf mafaan.


Kata munggahan sendiri berasal dari bahasa sendiri dengan kata dasar 'unggah' yang berarti naik.


Dalam hal ini, naik berarti dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT atau naik ke Bulan suci yaitu Ramadhan. Dan Munggahan memiliki banyak manfaat sehingga masih terus dilestarikan hingga kini," jelasnya. ( Mjn)