Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, DINARPUS Kab. Bener Meriah Aktif Turunkan Mobil Perpustakaan Keliling -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimitasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, DINARPUS Kab. Bener Meriah Aktif Turunkan Mobil Perpustakaan Keliling

3/16/2022

 


Globalnewsindonesia.com - Bener Meriah - Sesuai dengan Undang-Undang No. 43/2007 tentang perpustakaan, dimana dalam Undang – Undang tersebut disebutkan bahwa Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.  


“Maka untuk meningkatkan minat baca dan mendapatkan itu semua, khususnya masyarakat Kabupaten Bener Meriah terutama kalangan generasi muda dan para siswa mulai dari tingkat SLTA, SLTP, SD sampai TK, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Bener Meria secara terus menerus sangat aktif mengunjungi pusat-pusat keramaian, dengan kata lain, kita jemput bola untuk menumbuhkan minat baca sekaligus untuk menimba ilmu dan menambah wawasan.


Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bener Meriah melalui Sekdis (Sekretaris Dinas) Dinarpus Dra. Suryani diruang kerjannya.


Dijelaskan oleh Sekdis Dianarpus Kabupaten Bener Meriah Dra. Suryani, kalau seandainya informasi dan beragam ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat kita sulit untuk didapatkan, maka tugas perpustakaanlah untuk mengatasi itu semua, Seperti di Dinarpus Kabupaten Bener Meriah, kita sangat aktif mengunjungi masyarakat dengan menerjunkan Mobil Perpustakaan Keliling kepusat – pusat keramaian seperti, pada hari – hari pekan, masjid terutama pada hari Jum’at, sekolah-sekolah dan lainnya dengan membawa beragam jenis dan judul buku, ujar Dra. Suryani.


Disamping itu katanya, kita terus mensosialisasikan, mengedukasi serta mengajak masyarakat untuk gemar membaca dengan mengunjungi Dinarpus, dan kepada para siswa/I mulai dari SLTA, SLTP, SD sampai TK kita juga memperkenalkan, bahwa Dinas Perpustakaan Kabupaten Bener Meriah adalah salah satu tempat belajar yang aman, nyaman dan tentram, kerena Dinarpus Bener Meriah juga menyediakan ruangan khusus untuk untuk belajar dan membaca terutama untuk anak – anak SD dan TK," jelasnya.


Tambah Dra. Suryani, untuk sa’at ini sudah ada 4 (empat) Perpustakaan Kecamatan yaitu perpustakaan  Kecamatan Pintu Rime Gayo, perpustakaan Kecamatan Mesidah, Perpustakaan Kecamatan Gajah Putih dan perpustakaan Kecamatan Syiah Utama, 3 dari 4 perpustakaan itu sudah aktif sedangkan 1 belum, insyaallah dalam waktu dekat ini akan aktif, dan 8 (delapan) Perpustakaan Desa yang tersebar dibeberapa kecamatan,ungkap Sekdis Dra. Suryani.


“Bahkan untuk saat ini ada beberap desa yang berinisatif untuk membangun perpustakaan Desa sendiri, seperti Desa Bener Mulia dan beberapa desa lainnya, atas inisiatif ini, pemerintah daerah melalui Dinarpus Kabupaten Bener Meriah sangat mengapresiasi dan mendukung penuh,” tegas Dra. Suryani.


Sedangkan untuk penyediaan buku – buku di Perpustakaan Desa ini dibantu oleh Dinas Perpustakaan provinsi, sedangkan kita dari Dinarpus Kabupaten akan merotasi buku tersebut sesuai dengan permintaan pengelola perpustakaan desa setempat," ujarnya.


Terakhir diharapkan oleh Dra. Suryani, kita akan terus mendorong, agar minat budaya membaca masyarakat Kabupaten Bener Meriah semakin hari semakin meningkat, dan kita dari pihak Dinarpus Kabupaten Bener Meriah sangat mengharapkan kepada para kepala sekolah, para guru mempunyai peran penting untuk menumbuhkan minat baca para murid-muridnya, salah satunya adalah dengan aktif mengunjung Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bener Meriah, yang saat ini sudah ada ribuan buku  dengan 800 lebih judul," pungkasnya. (Yh/Ks).