Bersama Menteri Koperasi dan Wakil Bupati Bener Meriah Saat Tanam Perdana Cavendish Penuh Harapan -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bersama Menteri Koperasi dan Wakil Bupati Bener Meriah Saat Tanam Perdana Cavendish Penuh Harapan

3/01/2022

 


Globalnewsindonesia.com, - Bener Meriah- Wakil Bupati Bener Meriah Dailami, dampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, dalam lounching penanaman perdana pisang Cavendish pola Kemitraan di teget Kecamatan Pintu Rime Gayo.


Menteri Koperasi dan UKM itu lakukan penanaman bibit Cavendish tersebut sebagai tanda dimulainya penanaman pisang Cavendish oleh masyarakat yang bermitra dengan PT. Great Giant Pineapple (GGP), dimana pola kemitraan ini sudah direncanakan Pemerintah Daerah sejak Cavendish hadir di Bener Meriah.


Wakil Bupati Dailami dalam sambutannya, menyampaikan beberapa harapannya kepada Menteri yang sudah dua kali mengunjungi Kabupaten Bener Meriah itu, diantaranya pertama, dibawah pembinaan Kementerian Koperasi dan UKM , Pisang Cavendish dapat ditanam seluas-luasnya di Kabupaten Bener Meriah dengan cara membantu akses modal bagi masyarakat.


“ harapan kami kepada Bapak Menteri, semoga penanaman pisang Cavendish dengan Pola kemitraan ini dapat ditanam seluas-luasnya, karena kami telah menyediakan lahan kurang lebih 300 hektar, Dimana pada tahap awal ini hanya sekitar 12 hektar, tentunya ada keterbatasan di Pemerintah Daerah dan keterbatasan modal dimasyarakat, sehingga perlu bantuan oleh Bapak Menteri dalam pengembangannya, dan akses modal melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LBDP), Bank BSI dan lembaga keuangan lainnya,” harap Dailami.


Kemudian Ia menambahkan, harapannya yang kedua, “ dalam kesempatan ini, juga kami perlu sampaikan, selain Cavendish, banyak komoditi pertanian lainnya di Bener Meriah, sehingga kami berharap, selain pengembangan komoditi, koperasi-koperasi di Bener Meriah juga mempunyai industri pengolahan yang dapat memberikan nilai tambah komoditi, serta pengendalian kualitas produk dan Harga,”jelas Dailami.


Kemudian harapan Wabup Dailami yang Ketiga, “ Usaha Kecil Menengah di Bener Meriah sangat membutuhkan sentuhan dari kementerian koperasi dan UKM, karena sektor ini menjadi pendukung pengembangan ekonomi masyarakat, dengan produk pertanian unggulan disertai UKM yang handal, tentunya akan saling membantu dalam hal produksi dan pemasaran hasil bumi yang Mensejahterakan masyarakat,"sebut Wakil Bupati Bener Meriah itu.


Menteri Teten, mengutarakan dukungannya dalam pengembangan Koperasi dan UKM di Kabupaten berhawa sejuk itu, terkhusus pengembangan pisang Cavendish dengan pola kemitraan ini, ia menjelaskan bahwa target Pemerintah Pusat, pisang Cavendish ini merupakan komoditi yang akan dipasarkan ditimur tengah, sehingga penanaman secara massal perlu dilakukan guna mencapai target dimaksud.(Tim).