Bhabinkamtibmas dan Warga Bergotong Royong Buat Tanggul di Kalumeme Bulukumba -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bhabinkamtibmas dan Warga Bergotong Royong Buat Tanggul di Kalumeme Bulukumba

2/13/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Bulukumba - Bhabinkamtibmas Kelurahan Kalumeme Aipda Andi Arfandi bersama warga dan pemerintah setempat bergotong royong membuat tanggul penahan / pemecah ombak dengan menggunakan karung berisi pasir di kawasan pesisir pantai Lingkungan Kalumeme Kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Minggu (13/2/2022).


Ratusan karung berisi pasir sebagai pemecah ombak telah dipasang hal tersebut untuk mengantisipasi gelombang air laut yang tinggi dan abrasi pantai.


Lurah Kalumeme Abdul Rafik menyampaikan, bahwa kegiatan pemasangan pemecah ombak dari karung yang berisi pasir sebagai upaya Pemerintah setempat bersama warga untuk mengantisipasi disaat musim penghujan atau angin kencang dan abrasi.




“Untuk mengantisipasi kalau hujan lebat sama angin kencang atau abrasi yang menimbulkan ombak tinggi, sehingga dapat mengancam keselamatan dan rumah - rumah penduduk yang tinggal di kawasan pesisir,"ucap lurah.


“Jadi kegiatan ini dari swadaya / urungan warga bersama pemerintah setempat sehingga terkumpul sebanyak 2000an karung dan pelaksanaan pembuatan tanggul masih berjalan”tambahnya.


Sementra Aipda Andi Arfandi, menyampaikan bahwa kegiatan gotong royong yang hari ini dilakukan bersama pemerintah setempat dan warga adalah suatu bentuk kebersamaan yang diperlihatkan oleh warga dan pemerintah setempat.


Pemasangan pemecah ombak yang dilakukan sebagai bentuk antisipasi warga dalam menghadapi dampak abrasi setiap air laut naik/pasang.


“Selain ikut membantu pemasangan tanggul karung tadi, saya mengimbau kepada warga agar tetap waspada terhadap potensi bencana alam yang akan terjadi. 


Pada dasarnya, kita semua tidak ingin terjadi bencana alam. Tapi warga tetap harus siaga dan waspada, salah satunya dengan menjaga dan mencintai alam lingkungan sekitar,"pungkas Pak Babin. (Is)