Ilham Azikin Yakin Herd Imunity di Bantaeng Terwujud di Awal Tahun -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ilham Azikin Yakin Herd Imunity di Bantaeng Terwujud di Awal Tahun

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat) Kayu Loe
12/16/2021


GlobalNewsIndonesia.com-BANTAENG --- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana berkunjung di Kabupaten Bantaeng, Kamis, 16 Desember 2021. Kunjungan kerja ini dilakukan dengan rangkaian vaksinasi massal di Kabupaten Bantaeng.


Dalam kesempatan ini, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin melaporkan progres vaksinasi di Bantaeng. Dia mengatakan, usai menggelar rapat koordinasi, pekan lalu, seluruh sumber daya yang ada di pemerintahan di fokuskan untuk vaksinasi. 


Dia mengatakan, hampir semua desa dan kelurahan melakukan vaksinasi. Database dilakukan berbasis dusun dan RW. Dalam sepekan terakhir, tercatat kenaikan persentase vaksinasi hingga 11 persen. 


"Dari awalnya kita di angka 36 persen, sekarang sudah menyentuh angka 47 persen," jelas dia.


Dia menambahkan, saat ini, vaksinasi yang dilakukan di pedesaan mencapai 4.000 sampai 6.000 orang setiap hari. Dari indikator ini, dia optimis capaian 70 persen vaksinasi untuk terwujudnya herd imunity (kekebalan kelompok) dapat terwujud. 


"Kami sangat optimis, di awal tahun kita semua sudah mewujudkan kekebalan kelompok. Ini semua, berkat kesadaran masyarakat dengan ditopang sumber daya kesehatan yang memadai," jelas dia. 


Dia juga mengucapkan terimakasih yang besar kepada Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana atas kunjungannya. Dia mengatakan, Polda Sulsel telah mengerahkan sumber daya kepolisian untuk membantu percepatan vaksinasi di Bantaeng. 


"Ada tenaga vaksinator yang disediakan, ada bantuan 1.500 paket sembako untuk mereka yang di vaksin. Terimakasih banyak pak Kapolda. Kunjungan ini adalah kehormatan bagi kita semua," jelas dia. 


Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, kunjungannya ini adalah bagian dari bentuk silaturahminya. Untuk pertama kalinya, dia datang ke Bantaeng setelah dilantik menjadi Kapolda Sulsel.


"Ini untuk pertama kalinya saya bertugas. Saya datang untuk membangun silaturahmi. Mohon kami diterima dengan baik oleh masyarakat," katanya. 


Dia menambahkan, vaksinasi massal ini dilakukan di sejumlah daerah. Jajaran kepolisian juga melakukan virtual meeting dengan Kapolri yang sedang memantau pelaksanaan vaksin di Gorontalo.


Dia meminta kepada masyarakat Bantaeng, setelah herd imunity terbentuk, maka harus tetap disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan. "Demi melindungi kita semua," jelas dia.


Kepala Kepolisian Resor Bantaeng, AKBP Rachmat Sumengkar mengatakan, tingginya vaksinasi dalam beberapa hari terakhir ini tidak lepas dari peran Forkopimda. Dia mengatakan, pemerintah, kepolisian dan unsur lainnya telah mengeluarkan surat edaran terkait dengan vaksinasi. 


"Surat edaran ini sifatnya sedikit memaksa. Tetapi ini demi kepentingan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat banyak," jelas dia. 


Dia juga mengatakan, edukasi vaksinasi ini terus dilakukan. Rachmat mengaku masih banyak hoaks yang harus dilawan dengan sosialisasi.(*)