FP Unismuh Makassar Gelar Guest Lecture Penerapan Metabolomik Untuk Peningkatan Kualitas Produk Pertanian Indonesia -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

FP Unismuh Makassar Gelar Guest Lecture Penerapan Metabolomik Untuk Peningkatan Kualitas Produk Pertanian Indonesia

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat) Kayu Loe
12/21/2021



GlobalNewsIndonesia.com-MAKASSAR, --Berkembangnya produk pertanian Indonesia di pasar regional dan Internasional, memerlukan pendekatan ilmiah agar terus terjamin mutu kuantitas dan kualitasnya. 

Fakultas Pertanian Univ. Muhammadiyah Makassar, bekerjasama PCI Muhammadiyah Jepang, serta didukung oleh KBRI Tokyo, mengadakan Kuliah Tamu Bidang Pertanian dengan tema “Penerapan Metabolomik untuk Peningkatan Kualitas Produk Pertanian Indonesia,” memalui app zoom, pada hari selasa, 21/12/2021.


Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Hj. Andi Khaeriyah, M.Pd., menyampaikan atas nama pimpinan fakultas mengucapakan terimaksih banyak kepada bapak H. E. Ir. Heri Akhmadi (Dubes RI untuk Jepang), pimpinan cabang muhammadiyah, yang sudah memberikan kamai kesempatan untuk melakukan kuliah tamu pada hari ini, dan kami berharap kami dapat di ijinkan dan di mediasi untuk dapat melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi yang lainya di jepang baik dunia usaha maupun dunia industri lainya, untuk memberikan peluang bagi dosen maupun mahasiswa kami untuk mengembangkan ilmunya.


Harapa kami kedepanya sekira ada dosen atau mahasiswa kami yang bisa melanjutkan studi di jepang dan dapat mengikuti jejak dari ibu Dr Sastia, semogah apa yang kita laksanakan hari ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan baik pribadi kita, institusi maupun untuk organisasi kita. Pungkasnya.


H. E. Ir. Heri Akhmadi selaku Dubes RI untuk Jepang, menyampaikan pertama saya ingin memberikan apresiasi pada upaya PCI Muhammadiyah Jepang atas penyelenggaraan ini berupa kuliah khusus dalam rangka implementasi program merdeka belajar kampus merdeka bersama-sama dengan Unismuh Makassar.


_“Saya berharap agar seluruh hadirin baik dosen maupun mahasiswa dapat menyerap ilmu yang akan dipaparkan oleh prof sastia, KBRI akan senantiasa mendukung upaya Muhammadiyah dibidang pendidikan maupun kesehatan khususnya dalam kerjasama internasional,”. Ucapnya.


Terkahir KBRI TOKYO telah menugaskan dan mempertemukan PC Muhammadiyah di Jepang  untuk bertemu dengan wakil rektor Unversitas salah satu kampus terkemuka di Jepang, pertemuan tersebut untuk menjalin kolaborasi Universitas Muhammadiyah di indonesia bersama dengan Universitas di Jepang dibidang pendidikan dan kesehatan, tentu KBRI mendorong fasilitas dari berbagai sarana pendidikan di indonesia termasuk diantaranya rumah sakit. Tandasnya.


Rektor Unismuh Makassar, Prof. Dr. Ambo Asse, M. Ag. menyampaikan bahwa dengan adanya webinar atau kuliah tamu yang bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Unismuh Makassar dengan KBRI Jepang, Pimpinan cabang istimewa muhammadiyah di jepang, tentu kami menyampainkan pengharagaan dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi ini.


Kemudin untuk pengembengan pertanian dengan penerapan metabolomik untuk peningkatan kualitas produk pertanian di indonesia, kini Unismuh Makassar mempunyai lahan, saya kira ini bisa dikembangkan, punya lahan pertanian, lahan perkebunan dan lahan perikanan dengan luas tambak kurang lebih 7 hektar yang belum terkelolah dengan baik, saya kira Fakultas Pertanian Unismuh Makassar perlu terlibat dan berkolaborasi dengan jepan untuk meningkatkan bagaimana mengelolah lahan-lahan yang ada ini dengan teori dan tehnik yang berkembang sehingga kita memperoleh hasil yang baik. Tandasnya.


_“Semogah dengan kerjasama ini melalui kegiantan kuliah tamu menjadi pembuka sebagai jalan untuk mendapatkan ilmu dari jepang saya kira Fakultas Pertanian kami berharap baik dosen maupun mahasiswa agar memperhatikan apa yang di sampaikan yang terkait dengan penerapan metabolomik untuk peningkatan kualitas produk pertanian di indonesia,”. 


Turut hadir, M. Arif, ST., M.Sc. (PCIM Jepang)Dr. Ir. Khaeriyah, M. Pd.(Dekan Fak. Pertanian Unismuh Makassar), Prof. Dr. Ambo Asse, M. Ag.(Rektor Unismuh Makassar), H. E. Ir. Heri Akhmadi (Dubes RI untuk Jepang), Speaker: Dr. Sastia Putri Borman Osaka University, Japan/Ikatan Ilmuan Indonesia Internasional, dan jumlah peserta webinar/kuliah tamu 500 orang.