Tri Adhianto Wakil Walikota Bekasi Mendukung Penuh Program -Program KP2C -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Tri Adhianto Wakil Walikota Bekasi Mendukung Penuh Program -Program KP2C

10/12/2021

 


Globalnewsindonesia.com. -  Kota Bekasi,- Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto, menyatakan mendukung sepenuhnya program-program yang tengah dikembangkan dan dijalankan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) dalam upaya membangun rasa aman dan nyaman masyarakat yang bermukim di sepanjang DAS Cileungsi, DAS Cikeas dan DAS Kali Bekasi.


Hal itu dikemukakan Tri Adhianto saat menerima audiensi Pengurus KP2C yang dipimpin ketuanya Puarman, Senin (11/10/2021), di ruang kerja Wakil Walikota di Kota Bekasi. Ikut mendampingi, Wakil Ketua KP2C Sancoyo Rahardjo, Divisi Kegiatan KP2C Partomo dan Syaekhu, dan Divisi IT dan Web Uunk.




Selama ini Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto, yang juga menjadi anggota KP2C, memberikan dukungan penuh terhadap program-program kegiatan yang digelar komunitas ini. Betapa tidak, sedikitnya 22.000 members/anggota KP2C terselamatkan dengan adanya “early warning system” (sistem peringatan dini) yang dikembangkan KP2C.


Sejak 2016, di tujuh titik pantau Tinggi Muka Air (TMA) KP2C, komunitas ini menempatkan CCTV yang bisa dipantau oleh Pengurus secara “real time” (setiap saat) melalui perangkat HP. Titik-titik pantau ini juga dijaga secara manual oleh petugas pantau.


Informasi TMA ini setiap hari, sebanyak tiga kali (pagi, sore dan malam), selama 365 hari di-share kepada 22.000 anggota yang tergabung dalam 19 WhatsApp Group dan Telegram serta berbagai medsos seperti twitter, IG, Facebook yang tersebar di berbagai perumahan di sepanjang ketiga sungai tersebut. Bila hujan deras mengguyur wilayah hulu, Info TMA KP2C akan lebih sering dishare hingga setiap 15 menit.


Informasi tersebut diterima anggota KP2C setidaknya enam jam sebelum “top level” air sungai di hulu Cileungsi dan Cikeas tiba di pemukiman mereka di hilir.


“Hanya saja, hingga saat ini KP2C belum memiliki alat ukur kecepatan dan debit air sungai,” ujar Tri menanggapi penjelasan Puarman. Alat ini dinilai Tri penting agar tibanya air sungai di pemukiman bisa diprediksi secara akurat,"jelasnya. 


Selama ini, berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan sejak tahun 2006, KP2C sejak 2016 sudah bisa memperkirakan berapa lama air sungai yang berpotensi banjir bakal memasuki perumahan warga.


Selain agenda kesiapan KP2C dalam menghadapi musim hujan tahun ini dan awal tahun depan disampaikan dalam pertemuan itu, ada sejumlah agenda utama lainnya yang disampaikan komunitas ini. Di antaranya pentingnya dukungan pengadaan perahu sebagai sarana evakuasi warga oleh KP2C saat terjadi banjir.


Perahu tersebut juga akan digunakan untuk melakukan pengamatan/pemantauan di ketiga Daerah Aliran Sungai (DAS) dari potensi pencemaran limbah industri maupun domestik, sampah, mitigasi bencana dan kebencanaan. Termasuk mendukung keberadaan beberapa lokasi wisata yang saat ini sedang dikembangkan di beberapa titik di aliran DAS Cikeas.


Beberapa Pengurus KP2C sendiri telah mengantongi sertifikasi diantaranya Manajemen Tanggap Darurat Bencana, Water Rescue, dan Pertolongan Pertama & Evakuasi.


Menanggapi hal ini, Tri mendukung upaya KP2C untuk mendapatkan dua unit perahu beserta perlengkapannya yang akan dioperasikan secara mandiri oleh komunitas ini. Nantinya, perahu-perahu itu akan ditempatkan di lokasi strategis. Sehingga pada saat terjadi banjir, perahu-perahu tersebut bisa segera beroperasi.


Selain digunakan untuk evakuasi saat banjir, di musim kemarau perahu-perahu tersebut akan dipakai untuk memantau ketiga DAS tersebut dari potensi pencemaran limbah, sampah dan kerusakan lingkungan.


Agenda lain yang disampaikan komunitas ini adalah rencana peniadaan/pembongkaran Bendung Presdo/Bekasi. Oleh KP2C rencana ini diusulkan agar lebih dipercepat realisasinya mengingat musim hujan dalam intensitas tinggi sebentar lagi tiba.


Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Indonesia, intensitas hujan akan berada di atas rata-rata normal pada akhir tahun dan awal tahun depan.


Menjawab usulan ini, Tri mengatakan bahwa prioritas utama yang akan segera direalisasikan adalah pengadaan. (Jks)