Sidang tertutup promosi Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Negeri Padang -->

Sidang tertutup promosi Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Negeri Padang

10/22/2021, 10/22/2021

 


Globalnewsindonesia.com- Sidang tertutup atas nama Yadi, M.Kom dilaksanakan secara luring dan daring pada tanggal 21 Oktober 2021 pukul 9.00 sampai 12.00 di ruang serba guna FT UNP (Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang).Promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul Model Project-based Learning berbantuan Expert System pada matakuliah Jaringan Komputer. 


Proses penelitian disertasi yang dilakukan tidak terlepas dari arahan dan bimbingan promotor I Prof. Dr. Ambiyar,M.Pd yang juga Ketua Program Studi Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FT UNP  dan promotor II Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd. 


Sidang tertutup dihadiri oleh penguji eksternal Prof. Dr. Sarjon Devit,S.Kom.,M.Sc yang juga Rektor UPI YPTK Padang, dan penguji internal terdiri dari Prof.Ganefri, Ph.D yang jugaRektor UNP, Dr. Fahmi Rizal,M.Pd.,MT yang jugaDekanFT UNP, Prof. Dr. Wakhinuddin,M.Pd., Dr. Muhammad Anwar,MT yang juga Wakil Dekan 1 FT UNP,dan Dr. Rijal Abdullah, MT.


Promovendus menjelaskan bahwa model Project-based Learning berbantuan Expert Systemmerupakan solusi terhadap kesulitan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek.Inovasi yang dilakukan pada pengembangan model pembelajaran ini melibatkan pakar agar dapat menghadirkan data dan fakta pada dunia kerja dan industri sehingga dapat memberikan stimulus kepada mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan,keterampilan, serta kualitas pembelajaran dalam melahirkan ide-ide yang baru dalam dunia pendidikan.


Sintaks (tahapan) modelProject-based Learning berbantuan Expert Systempada mata kuliah Jaringan Komputer mengacu pada model Project-based Learningyang dikembangkan olehLucas, yaitu: (1) Pertanyaan mendasar, (2) desain proyek, (3) alternatif solution/ expert system, (4) monitoring, (5) task assesmen, (6) feedback, (7) evaluasi. Pelaksanaan model pembelajaran ini didukung oleh buku model, buku pedoman dosen, buku pedoman mahasiswa, bahan ajar dan buku pengguna aplikasi Expert System.


Dampak dari Expert Systemmemberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk dapat mengoptimalkan pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisis permasalahan berdasarkan pola pikir dari seorang pakar. Expert Systemadalah sebagai sarana konsultasi dan regenerasi pengetahuan yang dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan knowledge based pada Expert Systemyang dapat diakses melalui beberapa media seperti komputer, desktop, maupun smartphone dengan bantuan jaringan internet.


Pertanyaan beruntun yang diajukan oleh penguji pada promovendus dapat dijawab dengan baik, sehingga promovendus berhak menyandang gelar doktor. Diharapkan promovendus dapat memotivasi pendidik untuk menerapkan model yang ia kembangkan, khususnya di tempat tugasnya di Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam (Red)

TerPopuler