Sebanyak 30 Cakades Ikuti Pilkades Serentak Sistem E-voting Di Kabupaten Bantaeng. -->

Sebanyak 30 Cakades Ikuti Pilkades Serentak Sistem E-voting Di Kabupaten Bantaeng.

10/26/2021, 10/26/2021

Ilustrasi sistem E-voting


GlobalNewsindonesia.com-Bantaeng, --Sebanyak sembilang Desa dari 5 Kecamatan secara serentak melakukan pemungutan suara yang tersebar di 42 TPS, dengan menggunakan Sistem E-voting diKabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.


Kontestasi politik 6 tahunan ini diikuti sebanyak 30 calon kepala desa ikut berkompetisi dalam pesta demokrasi masyarakat Desa pada Pilkades serentak Rabu, 27 Oktober 2021.



Pemerintah Kabupaten Bantaeng, melalui Dinas PMD, PP-PPA telah melakukan persiapan secara matang dan terkoordinasi baik secara teknis maupun pelaksanaannya Dengan melibatkan unsur Pemda, TNI dan Polri untuk mengawal jalannya Pilkades secara serentak tahun ini.


Menurut Juru bicara panitia pelaksana Kabupaten, Muhammad, Aswar SH, Pilkades serentak dikabupaten Bantaeng, tengah dilaksanakan sesuai jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan.


Dengan berbagai catatan berkaitan dengan kondusifitas dan penerapan Prokes serta teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19.


Tahun ini dilaksanakan proses pemungutan suara disetiap dusun satu TPS, hal ini guna mengantisipasi kerumunan (massa) pendukung masing-masing calon.

 

Ada 42 TPS yang disiapkan sesuai jumlah dusun di desa tersebut, tercatat ada sebayak 17. 343 Jumlah wajib pilih yang terdaftar di DPT.


-"Selain upaya pencegahan pada hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa Pilkades, kita juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga segala potensi penyebaran pandemi Covid-19 bisa diminimalisir.


Lebih jauh dirinya berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan mengedepan kan netralitas agar pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai harapan.


-" Pilkades bagian dari sebuah proses demokrasi, untuk itu mari kita ciptakan Pilkades yang sehat, aman dan lancar serta kondusif agar mampu melahirkan pemimpin-pemimpin impian masyarakat,"pungkasnya


Saat ini dirinya mengaku sejumlah panitia dan tim teknis telah dipersiapkan untuk melakukan pendampingan dan pengawasan di setiap wilayah Dusun/ TPS. Nantinya sejumlah OPD dan Dinas terkait akan melakukan pemantauan dimasing-masing wilayah.


Berikut Daftar Kecamatan dan Desa Serta Jumlah DPT/ TPS

1.) Kecamatan Bissappu 

Desa Bonto Cinde 4 TPS Jumlah DPT = 1.647

2.) Kecamatan Eremerasa

- Desa Ulugalung 5 TPS Jumlah DPT = 2.492

- Desa Barua 4 TPS Jumlah DPT= 2.360

3.) Kecamatan Pa'jukukang

- Desa Pa'jukukang 8 TPS Jumlah DPT= 4.256

-Desa Bantu Karaeng 3 TPS Jumlah DPT = 831

- Desa Rappoa 5 TPS Jumlah DPT= 1.314

4.) Kecamatan Uluere.

- Desa Bonto Marannu 4 TPS Jumlah DPT= 678

-Desa Bonto Tallasa 5 TPS Jumlah DPT = 2.078

5) Kecamatan Tompobulu

-Desa Pattanetang 4 TPS Jumlah DPT= 1.678


Total Jumlah wajib pilih menurut Daftar pemilih tetap DPT sebanyak = 17.343

TerPopuler