Dosen UNP Laksanakan Program Kemitraan Masyarakat -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimitasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Dosen UNP Laksanakan Program Kemitraan Masyarakat

10/16/2021


Globalnewsindonesia.com, – Padang,- Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan program yang wajib dilakukan oleh dosen Universitas Negeri Padang dalam mendukung program Tridharma Perguruan Tinggi setelah dharma pendidikan, pengajaran, dan penelitian.


Berkaitan dengan PKM, sebanyak 25 guru IPA SMP dan MTs di Kabupaten Agam Wilayah Timur mengikuti workshop penulisan artikel jurnal ilmiah yang dimulai pada hari Sabtu 18 September 2021 melalui zoom meeting. Kegiatan direncanakan berlangsung sampai 20 November 2021. 




Pelaksanaan workshop penulisan artikel jurnal ilmiah dibuka secara resmi oleh Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kabupaten Agam Wilayah Timur. 


Dalam sambutannya pada pembukaan workshop ini, Ketua MGMP IPA Kabupaten Agam Wilayah Timur mengucapkan banyak terima kasih kepada Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd dan Dr. Risda Amini, M.P selaku nara sumber dan pelaksana program PKM. 


Ketua MGMP IPA, Fitra Netti, M.Pd. menjelaskan kegiatan workshop penulisan artikel jurnal nasional merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis artikel ilmiah, terutama bagi guru yang akan naik pangkat ke golongan IV.

 


Ketua pelaksana PKM UNP Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd  menjelaskan tujuan utama kegiatan PKM ini adalah untuk membantu guru dalam memenuhi persyaratan supaya dapat naik pangkat ke golongan IV, yaitu memiliki artikel di jurnal nasional, selain untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis artikel ilmiah.


Kegiatan workshop berlangsung sebanyak 4 pertemuan setiap hari Sabtu dan dilanjutkan dengan tugas mandiri menulis artikel jurnal. Sampai saat ini (16/10/2021) peserta workshop masih menulis artikel jurnal.


Direncanakan artikel tersebut akan dibedah melalui kegiatan forum grup diskusi (FGD) sebelum submit ke jurnal nasional.

 

Kegiatan workshop ini dilaksanakan berdasarkan analisis kebutuhan adanya informasi bahwa sebagian besar guru IPA SMP dan MTs di Kabupaten Agam Wilayah Timur belum memahami teknik penulisan karya ilmiah dan belum pernah menulis karya ilmiah untuk publikasi di jurnal. 


Beberapa materi yang diberikan dalam workshop diantaranya sistematika penulisan karya ilmiah, pemanfaatan sumber sitasi dengan menggunakan aplikasi mendeley, dan prosedur publikasi jurnal nasional. 

 

Dampak yang dirasakan oleh guru dalam mengikuti kegiatan workshop penulisan artikel jurnal ilmiah adanya pengetahuan dan semangat yang baru dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui artikel jurnal nasional (redaksi).