Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala DesaTerpilih Periode 2021-2027 Wilayah Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatam Congkar Tahun 2021 -->
GNI Menyediakan Portal Gratis untuk sekolah yang ingin transpormasi Pembelajaran Digital (daring), kunjungi www.ayobelajar.gni.or.id untuk Mendaftar, atau Phone : 082380832450 , E-mail : gni@gni.or.id

Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala DesaTerpilih Periode 2021-2027 Wilayah Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatam Congkar Tahun 2021

9/21/2021, 9/21/2021

 


Globalnewsindonesia.Com- BORONG NTT,-  Senin, (20/2021) pukul 10.40 Wita bertempat di Daeran Wisata Danau Ranakulan, Desa Ranakulan, Kecamatan Elar, Kabupqten Manggqrai Timur berlangsung Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Terpilih Periode 2021-2027 Dalam Wilayah Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatan Congkar Tahun 2021oleh Wakil Bupati Manggarai Timur Bapak Drs. Jaghur Stefanus.


Turut hadir Staf Ahli Kabupaten Manggarai Timur Drs,Adolfus J. Tahu, Camat Congkar Ismail Jehada , mewakili Camat Sambi Rampas Rafael Muskin, S.Kom, Kapolsek Sambi Rampas IPDA Imawan Pujianto, Danramil 161205 Elar PELDA M.Ramadhan, Wakil Ketua Ibu Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur, Ibu Wakil Ketua Pengerak PKK Kecamatan Sambi Rampas, Ibu Ketua Pengerak PKK Kecamatan Congkar, Kepala Urusan Kementrian Agama ( KUA ) Kecamatan Sambi Rampas Drs,Abdul Kader, Pastor Paroki Mombok Pater Deidakus Soga Wuwur SVD, Empat Kades Terpilh, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Undangan serta warga masyarakat yang turut hadir kurang lebih  berjumlah kurang lebih 250 orang.




Kegiatan mulai Pukul 10.40 wita Wakil Bupati Manggarai Timur beserta Rombongan Tiba di Daerah Wisata Ranakulan dan dilanjutkan dengan acara penjemputan secara adat manggarai (kepok tiba) oleh bapak Emilius Darmadi serta pengalungan selendang kepada Wakil Bupati Manggarai Timur dan Rombongan diarak menuju tempat yang disediakan.


Pukul 11.25 wit Acara Pelantikan Kepala Desa Terpilih dimulai dan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Bupati Manggarai Timur.


Prosesi Pelantikan Kepala Desa Terpilih lingkup kecamatan congkar dan sambi rampas kali ini terkesan Exlusive karena tercatat dalam sejarah bahwa pelantikan ke Empat Kepala Wilyah tersebut itu terjadi di tepian dananu Rana Kulan.


Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Wakil Bupati Manggarai Timur kepada ke Empat Kades terpilih yang didampinggi oleh Saksi Rohaniawan Katholik Pater Deidakus Soga Wuwur,  SVD dan Rohaniawan Islam Drs. H. Abdul Kadir.


Penandatanganan Berita Acara Sumpah Jabata untuk ke 4 Kepala Desa terpilih di awali,


1. Sabinus  mil (Kades Lada Mese Kecanatan Sambi Rampas)

2. Sudirman  (Kades Nanga Mbaling Kecamatan Sambi Rampas ).

3. Finsensius Efandi,S.Pd ( Kades Satar Nawang Kecamatan Congkar)

4. Gabriel Hadus ( Kades Compang Congkar Kecamatan Congkar)


Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur usai Pemasangan/Penyematan Tanda Pangakat/Jabatan, kepada ke Empat kades tersebut berpesan, 


"Mengawali sambutan ini saya mengajak kita semua untuk sama-sama memanjatkan Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan tuntunannya kita semua di persatukan ditempat ini dalam keadaaan sehat lebih lebih kuta datang dan hadir ditempat ini dalam kegiatan pelantikan kepala Desa.


Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dilaksanakan pada hari ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan kepala Desa.


Ditengah wabah Virus Covid-19 kita sukses melewati semua tahapan tahapan itu sampai kita capai ke titik ini pada hari ini, kita bersyukur untuk itu semua", ujar Jaghur Stefanus wakil bupati Manggarai Timur.


Sesuai undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintah desa merupakan garda terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat efektif dan efisien seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika dalam pelaksanaan otonomi.


Pemerintah Desa tambah Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur Jaghur Stefanus merupakan salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah sejalan dengan semangat otonomi daerah maka kepala desa dituntut untuk mampu memberdayakan sumber daya yang ada.


Mampu memanfaatkan mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia yang dimiliki sekaligus kreatif dan inovatif mengembangkan potensi-potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.


Oleh karena itu lanjutnya  pemerintah desa melaksanakan musyawarah bersama badan permusyawaratan desa untuk menetapkan apbdes Perubahan TA.2021, APBDES TA.2022 dan RKPDES TA.2022. jelas Wakil bupati itu.


Berkaitan dengan penyelenggara pembangunan ada beberapa hal yang ingin saya tekankan kepada para kepala Desa tegas Jaghur Stefanus,


" Segera lakukan dan pendekatan kembali, baik terhadap sesama calon kepala Desa maupun masyarakat karena kepala Desa adalah pelayan masyarakat dan tidak boleh membeda -  bedakan.


- kegiatan kegiatan untuk pemberantasan kemiskinan dan mencegah stanting.


- laksanakan anggaran Dana Desa dengan baik dan transparan ,serta hindari korupsi.


- bermitralah denagn badan permusyawaratan Desa untuk kemajuan dan pembangunan Desa serta ciptakan inovasi untuk menciptakan kesejahtraan masyarakat.


- Berdayakan PKK Desa agar para perempuan di Desa Dapat mengambil peran dalam setiap kebijakan pemerintah Desa. 


- Berdayakan orang muda di Desa Melalui karang taruna,karena org muda merupakan agen perubahan di Desa.


- Dimasa Pandemi ini masyrakat serba mengalami kesulitan Ekonomi, untuk itu lakukan percepatam penyaluran Dana BLT dengan Adil dan Bijaksana.


- Jadilah pemimpin Desa yang inovatif, serta  bisa membawa perubahan Desa menjadi lebih baik dalam kurun waktu 6 thn kedepan. 


Dan di Era keterbukaan Informasi saat ini kepala Desatdk boleh ketinggalan teknologi dan merasa risih terhadap keluhan, harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga." pesan moral wakil Bupati Manggarai Timur.


Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Terpilih Periode 2021-2027 Berdasarkan Keputusan Bupati Manggarai Timur Nomor: HK/154/Tahun 2021, Tanggal 07 September 2021 Tentang Pemberhentian Pejabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa terpilih Periode 2021-2027 Pada Beberapa Desa Dalam Wilayah Kabupaten Manggarai Timur berlangsung aman dan tetap mnjaga prokes. (wens atas)

TerPopuler