Wetmen Sinaga: Berikut Pomparan Pomparan Ompu Hasahatan Sinaga -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Wetmen Sinaga: Berikut Pomparan Pomparan Ompu Hasahatan Sinaga

7/11/2021

 


Globalnewsindonesia.com,- Medan, - ​​Wetmen Sinaga, SE, SH, MH selaku Ketua Parsadaan Pomparan Ompu Hasahatan Sinaga (Parporhas) menceritakan asal usul Raja Ompu Hasahatan Sinaga, Sumatera Utara. Kepada wartawan senior Syafrudin Budiman SIP, Sabtu (10/07/2021).


Penuh rileks Wetmen Sinaga menceritakan bahwa, Ompu Raja Tongam namangalap boru ni Raja Tamba sian Huta Pege-pege Tamba, mempunyai 1 (satu) anak tunggal (dang adong angina jala dang mariboto) dan diberikan nama Raja Ompu Hasahatan Sinaga, yang dilahirkan di Siguri-Guri Dolok Huta Gorat dan kemudian pindah ke Huta Godang Pallombuan Mogang.


"Raja Ompu Hasahatan Sinaga, mangalap boru ni Raja Sihombing dohot boru ni Raja Tamba, tinggal di Huta Godang, Pallombuan-Mogang, Kabupaten Samosir," terang Wetmen Sinaga.


Raja Ompu Hasahatan Sinaga mempunyai keturunan (pomparan) :

6 (onom) Anak.

1. Ompu Pulohot Sinaga, mangalap boru ni Raja Banjarnahor.

2. Ompu Raja Isori Sinaga, mangalap boru ni Raja Sitohang dohot buru ni Raja Marbun.

3. Ompu Raja Ihutan Sinaga, mangalap boru ni Raja Sigalingging.

4. Ompu Tuan Jongar Sinaga, mangalap boru ni Raja Sihombing dohot boru ni Raja Sitinjak dohot boru ni Raja Tamba

5. Ompu Lumonda Sinaga, mangalap boru ni Raja Simbolon

6. Ompu Raja Onggung Sinaga, mangalap boru ni Raja Pasaribu,

1 (sada) Boru. Marhamulian tu anak ni Raja Situmorang.


POMPARAN NI RAJA OMPU HASAHATAN SINAGA :

1. Pomparan Ompu Pulohot Sinaga, mangalap boru ni Raja Banjarnahor

- Op. Julaga

- Op. Lanlan

- Op. Jaha

2. Pomparan Ompu Raja Isori Sinaga, mangalap boru ni Raja Sitohang dohot buru ni Raja Marbun

- Op. Pamajal

- A. Pangubung

- A. Lagean

- A. Ambat

- Op. Jahalam

3. Pomparan Ompu Raja Ihutan Sinaga, mangalap boru ni Raja Sigalingging

- Raja Batos.

- Raja Bulung.

- A. Lagat.

- Op. Joujuan.

4. Ompu Tuan Jongar Sinaga, mangalap boru ni Raja Sihombing dohot boru ni Raja Sitinjak dohot boru ni Raja Tamba

- Op. Tahilan.

- Op. Raja Ulam.

- Op. Mutiha.

5. Pomparan Ompu Lumonda Sinaga, mangalap boru ni Raja Simbolon

Dua boru Marhamulian tu anak ni :

- Raja Siburian.

- Raja Sianturi.

6. Pomparan Ompu Raja Onggung Sinaga, mangalap boru ni Raja Pasaribu,

- Op. Tiga.

- Op. Mangindangi.

- Op. Sirpang.


​Menurut Wetmen Sinaga, untuk mengenang Raja Ompu Hasahatan Sinaga, maka pomparannya membangun tugu pada tahun 1977. Dimana tugu itu diresmikan Tahun 1978 dan telah dilakukan renovasi pada tahun 2018 sebagaimana terlihat saat ini.


"Lokasi ini terletak di huta Sitanduk-Tanduk, Desa Pallombuan, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir," ungkap Wetmen Sinaga.


​Katanya juga, Pomparan Raja Ompu Hasahatan Sinaga telah banyak merantau dari bona pasogit keseluruh daerah yang ada di Indonesia dan bahkan telah banyak yang tinggal dan menetap di Luar Negeri.


Hal inilah yang membuat para pinompar Raja Ompu Hasahatan Sinaga membentuk perkumpulan (Punguan Arisan) dan pertama kali dibentuk di Medan tahun 1971. Kemudian berlanjut di Bandung tahun 1977 dan pada tanggal 20 Februari tahun 2016 didirikan di Jakarta, dengan nama, “Parsadaan Pomparan Ompu Hasahatan Sinaga (PARPORHAS)".


​​"Adapun tujuan dibentuknya punguan ini adalah, agar seluruh Pomparan Raja Ompu Hasahatan Sinaga saling mengenal satu sama lain dengan mengedepankan adat batak Dalihan Na Tolu, Yaitu 'SOMBA MARHULA-HULA, ELEK MARBORU, MANAT MARDONGAN TUBU'," urainya.


Wetmen Sinaga juga menyatakan, ​​saat terbentukan PARPORHAS di Jabodetabek tahun 2016, terpilih sebagai pengurus :

Ketua​​: Patuan Sinaga,.SH,.MH

Sekretaris​: Johnson P. Sinaga

Bendahara​: Romawaty Boru Sinaga.


​​Setelah meninggal dunia ketua Patuan Sinaga pada 30 Oktober 2018, maka sejak tahun 12 Maret 2019, kepengurusan diserahkan kepada :

Ketua​​: Wetmen Sinaga,.SE,.SH,.MH

Sekretaris​: Johnson P. Sinaga

Bendahara​: Romawaty Boru Sinaga.

​​

​​"Saat ini PARPORHAS telah terbentuk di beberapa daerah di Indonesia dan diharapkan akan dibentuk di seluruh wilayah Republik Indonesia. Sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana diamanatkan UUD 1945 dan Pancasila,"ujarnya.


Kata pengacara ini, untuk itu diharapkan pada tahun 2022 akan dibentuk Pengurus Parsadaan Pomparan Ompu Hasahatan Sinaga se Indonesia secara legitimasi. Karena katanya, pada saat ini Penunjukan Ketua Parsadaan Pomparan Ompu Hasahatan Sinaga se Indonesia, hanya dilakukan berdasarkan penunjukan kepada dirinya (red-Wetmen Sinaga).


"Horas ma di hita saluhutna sude Pomparan Raja Ompu Hasahatan Sinaga," ucapnya.


Kata Wetmen Sinaga selaku Ketua Parporhas juga berharap, agar seluruh pomparan Raja Ompu Hasahatan Sinaga menjadi satu keturunan yang saling membantu dan tetap bersatu dengan mengedepankan adat batak dan sesuai dengan Hukum Indonesia.


"Saya (red-Wetmen Sinaga) selaku Ketua Parporhas memiliki harapan agar seluruh pomparan Raja Ompu Hasahatan Sinaga bersatu. Dimana menjadi satu keturunan saling menjaga nama baik leluhur dan sesepuh dengan saling bantu jika ada kesusahan dan penderitaan," pungkasnya.


Sementara itu Arnol Sinaga, SE,SH, CLA, CTLC., selaku pomparan Ompu Hasahatan.  Dimana posisi dirinya ada pada Turunan Ompu Tuan Asal, sangat mengapresiasi keakraban pomparan Ompu Hasahatan yang diketuai oleh Wetmen Sinaga, SE, SH, MH.


"Kiranya roh para leluhur bangga kepada pomparan atas keberagaman namun sehati (DOS ni Roha). Terutama dalam mengawali pemugaran Tugu Ompu Hasatan, sehingga berjalan dengan lancar," kata Arnol sapaan akrabnya. (atf)


Penulis: Syafrudin Budiman SIP.