Resmi Berbadan Hukum, Menkumham, For-JB Siap Kembangkan Kerjasama Organisasi -->
Clickadu
Jika Ditemukan Anggota GNI yang melakukan Intimidasi, pemerasan dan perbuatan tidak menyenangkan lainnya, segera laporkan ke Center Kami 0823 7323 2423,

Resmi Berbadan Hukum, Menkumham, For-JB Siap Kembangkan Kerjasama Organisasi

6/17/2021, 6/17/2021



GlobalNewsindonesia.com-BANTAENG – Setelah cukup lama melakukan penataan dan menyusun kelengkapan administrasi, akhirnya Forum Jurnalis Bantaeng (For-JB) secara resmi telah memiliki legalitas. Dengan begitu, organisasi yang menghimpun para Wartawan lokal Bantaeng ini dinyatakan sah di mata hukum dan telah diakui negara.



Hal itu menyusul terbitnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, tentang pengesahan perkumpulan For-JB nomor, AHU0006436.AH.01.07.Tahun 2021 tanggal 24 Mei 2021, atas pengajuan notaris Erma Nur Syafrini, SH, M.Kn.



Asmaun Asmi selaku pendirii sekaligus Ketua mengatakan, setelah Badan Hukum selesai maka For-JB sudah siap melaksanakan kegiatan dan wajib mematuhi undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. 



"For-JB hadir dari komunitas wartawan yang memiliki visi dan tujuan mulia untuk mengembalikan marwah jurnalis yang sesungguhnya. Juga berperan sebagai lembaga kontrol terhadap jalannya pemerintahan, namun tetap mengedepankan sinergitas," jelasnya. 



For-JB kata Asmaun, merupakan lembaga Pers yang memiliki bentuk atau frame. Karena oganisasi ini punya visi dan misi yang terprogram dengan baik. Upaya tersebut mesti dilakukan sebab terkadang tugas wartawan di lapangan kerap menghadapi situasi yang bisa mereduksi idealisme seorang pekerja Pers.



Untuk itu, dia meminta kepada segenap anggota agar seluruh program kerja yang dirancang dapat dijalankan dengan baik. Tentunya yang paling urgent adalah sedapat mungkin melaksanakan pendidikan bagi anggota agar memiliki spesifikasi atau keahlian bidang jurnalistik.



Sementara Wakil Ketua For-JB, Alimuddin menyebutkan, sebagai bentuk dan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, pendiri, penasihat, pembina dan segenap anggota For-JB akan berbaur dengan menggelar tasyakuran. 





"Kegiiatan ini juga sekaligus menjadi ajang untuk menetapkan hari dan tanggal berdirinya For-JB (Forum Jurnalis Bantaeng)," terang Jurnalis Reformasi Bangsa.com ini.



Dia menambahkan, tema yang diambil pada kegiatan tasyakuran nanti adalah "Meningkatkan Peran Jurnalis demi Terwujudnya Kebebasan Pers yang Berkeadilan. Selain itu, anggota For-JB dapat memiliki attitude yang beradab serta membekali diri agar dapat menulis berita dengan baik.



"Tidak hanya itu, For-JB juga berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas anggotanya sebagai insan pers. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personal agar dapat menghasilkan karya jurnalistik yang baik dan benar. Kami juga menyatakan anti berita hoax," tandas Alimuddin. 



Sementara salah satu dewan pendiri For-JB, Muhammad Rivai Nur, SH, MSi, mengatakan, pasca terbitnya badan hukum akta pendirian organisasi dan AHU dari Kemenkumham, diharapkan lembaga yang menghimpun wartawan lokal Bantaeng ini, dapat bersinergi dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan peran untuk Bantaeng lebih baik. 



"Kami berharap program kerja yang telah disusun For-JB dapat dirasakan manfaatnya terhadap pemerintah dan masyarakat khususnya dalam melakukan kerja-kerja Jurnalistik. Tunjukkan bahwa For-JB juga dapat mempersembahkan karya jurnalistiknya untuk Bantaeng," pintanya.(*)

TerPopuler