Kearipan Lokal Tidak Bisa Diandalkan Hanya Satu Dinas, Harus Ada Keterkaitan Dinas Lain Dan Masyarakat -->
Clickadu
Ingin Mengirimkan Tulisan Kegiatan Apapun di GLobalnewsindonesia.com, dinomor center Kami 0823 7323 2423,

Kearipan Lokal Tidak Bisa Diandalkan Hanya Satu Dinas, Harus Ada Keterkaitan Dinas Lain Dan Masyarakat

6/27/2021, 6/27/2021

 


Globalneqsindonesia.com,-- Labusel Sumut,-  Untuk Mengangkat Sejarah & Budaya Lokal tidak bisa diandalkan hanya satu dinas, harus ada keterkaitan Dinas lain dan Masyarakat setempat. 


Hal ini dikatakan PJ Bupati kabupaten labuhanbatu selatan Sumut elfi Afreza Pada saat memantau puing pung Istana Kesultanan Kotapunang pada Minggu (27/6/21) yang didampingi Asisten 2. Juga kepala dinas parawisata & seni budaya Labusel Balian Nasution.


Kehadiran PJ Bupati Labusel Elfi Syafreza bersama rombongan disambut pengurus  Kuminutas Jalajah Sejarah Wisata dan Budaya (KJ-SWIB) Labusel diketuai AdeS Iskardar Nasution. 


PJ Bupati Juga Mengatakan Pada Wartawan saat dikompirmasi walaupun Saya sebagai PJ Bupati yang tidak lama lagi akar berahir jabatan namun saya sangat mendukung kearipan lokal husus untuk Labusel.




Kita minta dinas terkait dibantu dinas yang juga terkait didalamnya agar besrsinegi untuk mewujudkan kearipan lokal, juga saya mengapresiasi kegiatan komunitas yang sudah mengetuk hati kita untuk menggali kearipan lokal ini nanti ditingkat gubernur.


Karena saya bertugas disana disalah satu dinas para dinas terkait dan Kuminutas, ayo kita berkordinasi langkah apa yang harus kita lakukan, namun yang paling jelas berkordinasi dulu sama ahli waris Kesultanan Kotapinang agar kita tidak salah langkah," ucapnya. 


Kadis Pariwisata Labusel Balian NST menjelaskan ini adalah suatu langkah Awar kita dari dinas pariwisata dan Kuminutas bergerak untuk mengangkat kearipan lokal ini. karena saya melihat pak bupati dan wakil bupati yang baru nanti juga setuju kearipan lokal kita angkat karena itu adalah barometer daerah. 


Sementara asisten 1 pemkab Labusel H khrikul aman menjelaskan kita sebagai putra daerah Labusel ini kedepan harus mempunyai kearipan lokal apa aukon kita termasuk situs istana Kotapinang dan beberapa situs peninggalan para pendahulu kita Karena ini sangat penting diketahui para generasi penerus kita. 


Ketua Kuminutas Jalajah Wisata dan budaya Labusel Ades Iskandar NST, memang selama ini kita tanpa dana mengungkap kembali sejarah dari kerajaan Kotapinang dari awal contohnya dulu raja pinang Awan raja raksik raja di seberang jembatan barumun setiap kerajaan itu punya istana.


Namun kita yang bisa menggugah kempabalu hati para pemimpin dan Masarakat gimana caranya agar puing puing istana Kotapinang ini bisa menjadi aikon sejarah, kita juga sudah membuat suatu buku banyak tempat-tempat sejarah yang sudah terlupakan.


Seperti Danau parmata, danau asam Jawa banyak danau lainnya, ini harus kita buat tempat wisata  begitu juga bukit oppuni akkat  kita juga sudah berapa pengkorek kuburan para raja  seperti kuburan raja Tasik ada lagi di daerah rasau kuburan raja Hasibuan ini semua haruslah kita remajakan kembali," Katanya. (MH)

TerPopuler