Gubernur Resmikan Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap 1 -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Gubernur Resmikan Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap 1

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
2/25/2021




GlobalNewsindonesia.com - Makassar, - Gubernur Sulawesi Selatan (SulSel), HM Nurdin Abdullah meresmikan Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap 1 pada Kamis (25/02/21) di Kota Makassar.


Amphi theater tersebut memiliki lebar 50 Meter. Tahap pertama diselesaikan sepanjang 250 Meter dengan anggaran biaya sekitar Rp 30 Milyar lebih.


Fasilitas dimaksud diharapkan menjadi ikon baru Kota Makassar, menjadi ruas jalan boulevard (utama) yang akan menghubungkan beberapa Kabupaten/Kota di SulSel dengan dengan Kota Makassar.


Jika rampung, jalur jalan lebar Metro Tanjung Bunga akan dilengkapi jembatan, pedesterian dan memberikan alternatif untuk menikmati pemandangan. Tentu saja, diharapkan akan menjadi ikon baru berikutnyad di Kota Makassar.


Gubernur SulSel menyampaikan, jalan itu penting untuk segera diselesaikan. Mengingat amat erat hubungannya dengan kepentingan rakyat.


"Jadi ini kepentingan rakyat, kepentingan rakyat itu di atas segala-galanya. Jadi ini harus kita selesaikan. Karena Tanjung Bunga ini adalah harapan kita menjadi landmark Kota Makassar. Sehingga wajib harus selesai", pungkasnya.


Penyelesaian tahap awal termasuk banyaknya ditemukan lubang di jalan tersebut. Karenanya segera dilakukan perbaikan jalan.


"Jadi mungkin tahap awal dulu. Karena sudah banyak lubang-lubang preservasi dulu kita lakukan. Supaya tidak ada lagi masyarakat mengeluh", tandasnya.


Jalan Metro Tanjung Bunga sendiri akan menjadi landmark Makassar dengan panjang jalan 6 Kilometer, lebar 50 Meter. Dilengkapi dengan fasilitas jalur sepeda lebar 6,6 Meter.


Jalur lambat 4,8 Meter, jalur hijau 1 Meter, jalan utama 9,6 Meter dan jalur hijau 2 Meter. Jalan itu nantinya, diharapkan dapat mengakomodir intesintas transportasi tinggi.


Selanjutnya akan dilakukan pendekatan dengan para pemilik lahan. Demikian juga berkoordinasi dengan BPN Makassar dan Kanwil Pertanahan untuk bersama-sama menyelesaikan akses lahan yang masih tersisa.


"Inshaa Allah kita berharap 2022 ini betul-betul sudah tuntas", ujarnya.


Sementara itu, Rudy Djamaluddin selaku Pj Walikota Makassar menyatakan, hadirnya amphi theater itu, selain akan menjadi ikon, juga akan semakin menguatkan peran Makassar sebagai hub. Di mana akan menghubungkan kawasan Timur dan Barat yang telah dimiliki dan menjadi modal sejak dulu.


"Dari sisi histori telah menjadi kota tujuan niaga bagi pedagang luar. Ini tidak lepas dari posisi strategis secara geografis Kota Makassar yang hampir berada di tengah-tengah gugusan kepulauan Indonesia. Sehingga tentu memegang peran sebagai hub yang menghubungkan antara timur dan barat", paparnya.


Kota Makassar merupakan Ibukota SulSel yang dikelilingi potensi-potensi yang terdukung oleh daerah di sekitarnya. Ini menjadi modal dasar Kota Makassar berkembang menjadi kota terkemuka, bukan saja di Indonesia tetapi juga dunia.




Potensi ekonominya bukan dari sektor pertanian, namun sebagai kota jasa, potensi ekonominya ada pada sektor pariwisata dan investasi. Dengan terkelola dan teroptimalisasi dengan baik, maka Kota Makassar akan menjadi kota maju di masa yang akan datang.


"Tentu amphi theatre, merupakan inisiasi dan gagasan dari Gubernur SulSel. Merupakan bukti bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sangat memperhatikan Kota Makassar untuk sama-sama bisa bersinergi menghadirkan Kota Makassar yang ramah pariwisata dan investasi", jelas dia.


Perannya bagi Kota Makassar, untuk menggenjot pariwisata dan investasi untuk peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan pengembangan Kota Makassar.


"Beliau sangat konsen memperhatikan Makassar, Lego-lego baru saja diresmikan oleh beliau, setiap hari, setiap sore, sangat ramai pengunjung dan sekarang pelebaran amphi theatre.


Saya yakini dan percaya bahwa ini akan memberikan kontribusi akumulatif dalam hal mendorong dan memajukan pariwisata di Kota Makassar", terangnya.


Pariwisata dan investasi menurutnya, bagaimana memuaskan pelayanan. Demikian juga menghadirkan kemudahan bagi investor.


Sehingga terkait ke pariwisataan dibutuhkan program kesungguhan yang ikhlas untuk menghasilkan karya nyata yang memberikan kepuasan. 


Penjabat Walikota yang akan mengakhiri masa jabatannya besok (26/2) itu menekankan, Walikota Terpilih akan dilantik oleh Pak Gubernur.


Dirinya yakin dan percaya bahwa dengan latar belakang sebagai seorang arsitek, dengan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh Danny Pomanto akan mampu lebih optimal menumbuhkan dan menggairahkan sektor pariwisata investasi di Kota Makassar. (*)