Forkopimda Purwakarta Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Forkopimda Purwakarta Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

2/04/2021

 



Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta,- Bertempat di Puskesmas Purwakarta Kota di Jalan Siliwangi, Kamis (4/2/2021). Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan sejumlah pejabat Forum Komunikas Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten disuntik vaksin Covid-19.


Dalam sambutan Launching Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta yang mengambil tema Menuju Purwakarta Bebas Covid-19 itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, hari ini merupakan acara penting bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta yaitu pelaksanaan launching vaksin yang sudah ditunggu sejak lama.


"Vaksinasi ini merupakan upaya kita bersama keluar dari pandemi covid-19. Ini pencanangan vaksinasi covid-19 yang dimulai oleh saya sendiri beserta jajaran sejumlah Forkopimda yang sudah melalui Medical Check Up terlebih dahulu," kata Ambu Anne.


Menurutnya, jumlah vaksin yang diterima Pemkab Purwakarta pada tahap awal ini sebanyak 3.920 vial. Diantaranya 200 vaksin disiapkan untuk para tokoh dan pelayan publik, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang telah mendapatkan surat resmi dari Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas dan setelah 14 hari akan dilakukan vaksinasi tahap dua.




"Untuk vaksinasi masyarakat, agar bersabar karena akan diprioritaskan nakes terlebih dahulu dan 200 pelayan publik. Mengingat kondisi sebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta masih fluktuatif. Kami minta warga menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.


Sementara itu, beberapa saat usai divaksin, Ambu Anne mengungkapkan, pada tahap awal vaksinasi ini, orang-orang akan mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 dan akan dijadwalkan untuk mendapatkan dosis kedua nanti setelah 14 hari.


Menurutnya, vaksin Covid-19 tidak berbeda dengan vaksin lainnya. Tapi, semua orang harus tetap melakukan protokol kesehatan setelah vaksin karena masih berada di tengah pandemi. Apalagi, seseorang diklaim baru bisa mendapatkan kekebalan yang efektif setelah mendapat suntikan dosis kedua vaksin. Jadi, semua orang masih harus memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan tangan.


"Vaksin bekerja untuk memanfaatkan respons tubuh melawan virus. Jadi, hindari tugas atau aktivitas apapun yang bisa mengganggu kinerja vaksin dalam tubuh setelah disuntikkan. Usahakan hindari stres, cukup tidur, tetap aktif secara fisik dan jaga pola makan. Kita juga diberikan link khusus agar para medis bisa memantau perkembangan orang yang telah disuntik vaksin," demikian Ambu Anne. (Mjn)