Peduli di Masa Pandemi, Gabungan Komunitas di Bangka Gelar Donor Darah -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Peduli di Masa Pandemi, Gabungan Komunitas di Bangka Gelar Donor Darah

1/24/2021


GlobalNewsIndonesia.com,-Bangka Belitung,- Gabungan Komunitas di Kabupaten Bangka, Provinsi Kep. Bangka Belitung yang terdiri dari Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, PMI Bangka, DPD BKPRMI Bangka, DPD KNPI Bangka, Bikers Subuhan Sungailiat, Pemerintah Desa Karya Makmur serta Warung Kopi 99 menggelar aksi donor darah masal di Warkop 99 Desa Air Ruai Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Minggu (24/1/2021). Kegiatan ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka peresmian Sekretariat KPD yang telah ditetapkan menjadi Yayasan Komunitas Pendonor Darah Bangka. 


Pada kegiatan ini, berhasil dikumpulkan sebanyak 67 kantong darah dari 73 orang pendaftar. Adapun sebagian besar pendonor merupakan kaum muda sebagai pendonor pemula. Dalam acara ini panitia menyediakan bingkisan berupa bibit tanaman alpukat Lily Emas, durian Namlung dan Duri Hitam atau beras 5kg sebagai bentuk apresiasi Aksi Kemanusiaan kepada para pendonor. Kegiatanpun diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol covid-19.


Suharly selaku Ketua Yayasan Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka menyampaikan, "Alhamdulillah, dari kegiatan donor darah bersama hari ini, terkumpul 67 Kantong darah dari 73 calon pendonor yg hadir. Kami atas nama Komunitas Pendonor Darah Bangka mengucapkan terimakasih kepada semua Pendonor, relawan, panitia dan semua donatur yang telah andil ikutenyukseskan kegiatan ini, meskipun di tengah pandemi".  


Sementara itu Hari Subari yang merupakan Ketua Umum DPD BKPRMI Bangka sekaligus ketua pelaksana kegiatan memaparkan bahwa pelaksanaan kegiatan donor darah masal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khsusnya para pemuda untuk saling peduli terhadap sesama. Oleh sebabnya tema donor darah masal kali ini mengangkat 'Tetap Peduli Dikala Pandemi'.


"Kita mencoba merangkul para pemuda untuk berani mendonorkan darahnya. Karena kita melihat langsung kebutuhan akan darah di Kabupaten Bangka sendiri sangat tinggi, bahkan setiap harinya selalu ada permintaan akan darah," ujar Hari.


Ketua KNPI Bangka Ismir Rachmadinianto yang hadir memberikan sambutan pada saat kegiatan menjelaskan dampak dari pandemi covid-19 ini bukan berarti menghentikan segala kegiatan. Melainkan suatu tantangan untuk berinovasi dan berkreasi guna melaksanakan kegiatan yang bernilai positif.


"Meskipun kita dengan kondisi yang kurang aman dan nyaman bukan berarti kita tidak bisa untuk berkegiatan, melainkan harus berkreativitas untuk kepedulian sesama. Yang kita harapkan kegiatan ini untuk mendapatkan keridoan dari Allah SWT," tutur Ismir.


Selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan, Kepala Desa Karya Makmur Yusni Tamrin memberikan apresiasi atas dilaksanakan kegiatan sosial di daerahnya. Dirinya selaku Kepala Desa akan siap memberikan dukungan segala kegiatan positif baik yang dilaksanakan KPD ataupun lainnya.


"Intinya kegiatan ini memiliki orientasi guna membangun nilai-nilai kemanusiaan, baik itu bagi pendonor maupun yang membutuhkan darah. Kita juga akan membentuk komunitas pendonor Karya Makmur sehingga mempermudah data pencarian darah kedepannya," ujar Yusni. *(ARI)*