Kemensos Salurkan Bansos Untuk Masyarakat di Manggarai Barat -->
GNI Menyediakan Portal Gratis untuk sekolah yang ingin transpormasi Pembelajaran Digital (daring), kunjungi www.ayobelajar.gni.or.id untuk Mendaftar, atau Phone : 082380832450 , E-mail : gni@gni.or.id

Kemensos Salurkan Bansos Untuk Masyarakat di Manggarai Barat

11/27/2020, 11/27/2020


Penyerahan Bansos diberikan secara simbolis oleh Penasihat Dharma Wanita  Persatuan Kemensos RI,Grace Batubara kepada masyarakat Manggarai Barat.


GlobalNewsIndonesia.Com, LABUAN BAJO NTT, Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan berbagai Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),Jumat (27/11) di kantor Desa Batu Cermin,Kecamatan Komodo,Kabupaten Manggarai Barat.


Bantuan Kemensos untuk masyarakat NTT Berupa,Bantuan Kemensos berupa,Bantuan Keserasian Sosial senilai Rp 300 juta kepada  2 Ketua Forum yakni,bantuan Kearifan Lokal senilai Rp 50 juta kepada 1 kelompok sanggar, bantuan Masker dan Sanitizer kepada para penerima manfaat. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 70 KPM, Bantuan Sosial Tunai (BST)  Kementerian Sosial RI melalui PT. Pos Indonesia.Bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak  layak huni 54 paket, serta 100 Paket sembako bagi warga untuk Komunitas Adat Terpencil.


Bansos berupa 2.059 paket sembako melalui Pusat Pastoral Caritas Ruteng untuk warga di  Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat untukPenanganan Covid-19. 


Bantuan 20 bahan pengasuhan anak  senilai Rp 10 juta, alat bantu untuk penyandang disabilitas dan alat edukasi. 


Selain itu, ada 20 bantuan alat sekolah @Rp 500 ribu, total Rp 10 juta; bantuan untuk 151  Korban Penyalahgunaan NAPZA melalui 2 LKS di Provinsi NTT senilai Rp 498 juta kepada  Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT.



Penyerahan Bansos diberikan langsung oleh Penasihat Dharma Wanita  Persatuan Kemensos RI,Grace Batubara.


Grace Batubara pada kesempatan itu menyampaikan Bansos diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.Dimana selama masa pandemi Covid-19 banyak masyarakat kehilangan pekerjaan dan usaha atau bisnisnya tidak berjalan.Dengan Bansos diharapkan dapat meringankan beban masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan.


Dia mengaku Bansos Kemensos merupakan kegiatan kemanusian untuk meringankan beban masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT) lebih khususnya masyarakat Manggarai Barat.Dirinya sangat berharap  mudah-mudahan apa yang diberikan oleh pemerintah meringankan beban biaya masyarakat.


“Kami hadir spesial karena membawa banyak bantuan sosial sebagai wujud negara hadir di  tengah warga dan bagi yang terdampak pandemi Covid-19, " ujar Grace Batubara.


Dia mengaku berbagai bansos tersebut, diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga dan  meringankan beban bagi warga terdampak langsung pandemi Covid-19. Juga berdoa  agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan kehidupan seperti sedia kala," harap Grace Batubara.


Grace Batubara mengajak segenap warga menjalani  kehidupan dengan disiplin dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan 3 M.  

"Bapak dan ibu sekalian, agar hidup kita tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan  dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, serta menjaga jarak,  " imbuh Grace Batubara.


Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Manggarai Barat,Ismail Surdi pada kesempatan itu menyampaikan bangga dan terima kasih kepada Kemensos yang memberi perhatian yang sangat besar kepada masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat melalui Bansos.Bansos Kemensos diharapkan mampu memulihkan semangat masyarakat untuk tetap semangat ditengah masa new normal covid-19.


Dia mengaku perhatian Pemerintah Pusat (Pempus) untuk daerah Manggarai Barat sangat besar.Selain pembangunan infrastruktur,Pempus juga memberi Bansos untuk pemulihan ekonomi masyakat.


"Kita mengharapkan penerima Bansos dapat mengunakan dana bantuan sesuai peruntukannya.Bansos diberikan benar-benar untuk meringankan beban masyarakat,''harap Ismail Surdi.

PENULIS : " WENSISLAUS "

TerPopuler