Guide Senior Lasaraus Kasmul, Kita Jemput Labuan Bajo sebagai Kawasan pariwisata Super premium. -->

Guide Senior Lasaraus Kasmul, Kita Jemput Labuan Bajo sebagai Kawasan pariwisata Super premium.

11/04/2020, 11/04/2020



GlobalNewsIndonesia.Com - BORONG NTT, Guade senior asal Manggarai Timur juga Politisi Senior PKB Lasarus Kasmul Mengajak Pemda Manggarai Timur dan Manggarai manfaatkan peluang Labuan Bajo sebagai kawasan pariwisata super premium.


Kepada media GlobalNewsIndonesia Selasa, 3/11/2020 Lasarus (Lasa) menuturkan, Pemerintahan Jokowi sudah memilih labuan bajo sebagai kawasan wisata super premium dari 4 Daeerah yang ada di indonesia. 


Pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah Manggarai Barat, telah  mengalokasikan dana yg sangat fantastis untuk penataan jalan, taman kota, gedung souvenir, dermaga, tempat rekreasi kota, Hotel,dermaga pariwisata dan dermaga niaga, sistem instalasi air, listrik dan telpon yg sangat rapih, kata lasarus.


Bandar udara dengan standar negara Singapura, Penataan Daerah Tujuan Wisata Utama Komodo dan pulau Rinca tambahnya.


Pembangunan jalan jalur cepat dari Labuan Bajo menuju daerah Golo Mori sebagai kawasan wisata utama ( KEK) dan Golo Mori akan dipersiapkan untuk pelaksanaan event Internasional Asean Sumit dan Pertemuan G20 tahun 2023, kata Lasarus.


Pencanangan pembangunan tersebut dalam rangka terwujutnya sarana dan prasaran pariwisata pariwisata standar premium serta akomodasi dan Rumah makan serta souvenir yang kelas premium termasuk pengadaan air bersih untuk seluruh kota dari 4 titik Sumber air.


Sang politisi Lasarus menambahkan, peluang ini tentunya Kabupaten tetangga harus bisa baca peluang bukannya malah menjadi penonton saja.


Labuan bajo sebagai tempat wisa super premium bukan isapan jempol sudah sangat jelas ko. Dengan nada ajakan Lasarus mengisyaratkan.


Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur sesungguhnya tambah Lasarus sudah di untungkan dalam peristiwa mulia ini.


Banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh ke Dua  Kabupaten menyambut dalam rangka menjemput peluang diantaranya, 


Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Timur bisa suplay Beras, sayur sayuran, bumbu bumbu, buah buahan, daging, kopi local, dan tenaga kerja, kata Lasarus.


Ada hal yang sangat diuntungkan dari keputusan presiden Jokowi tambahnya,  dimana Kawasan Obyek standar premium bisa dikunjungi wisatawan karena standar cost of Touring atau level biaya dari perjalanan sangat mahal.


Agar diketahui Kata senior guide ini, bahwa tidak semua pengunjung asing maupun local yg berduit, karena kawasan premium hanya khusus untuk The high class of tourist.


Untuk pengunjung tambah Lasarus yang kelasnya ekonomi tidak ada tempat buat mereka di bumi komodo karena harus Spending a lot of the money ( menghabiskan banyak duit).


Sehingga sebagai orang Manggarai dan Manggarai Timur terutama Pemerintah Daerah harus benar benar menyikapi dan menyambut program Jokowi atas bumi labuan bajo yg merupakan bagian dari kita.


Lasraus menambhkan, fasilitas umum yang perlu diperhatikan adalah Jalan utama yg menghubungkan Labuan Bajo Manggarai serta Manggarai dan Manggarai Timur terutama lintas Utara dan lintas selatan kedua kabupaten.


Kemudian akses menuju obyek wisata benar benar menjadi perhatian serius karena yang datang itu orang dari Negara lain.


Penataan Obyek wisata yg berpotensi sepanjang pesisir utara Manggarai Timur dan Manggarai harus menjadi prioritas khusus pemerintah, tambahnya.


Dalam hal pembangunan pariwisata,

 Paling tidak Pariwisata harus dapat menetapkan pembangunan bidang pariwisata sebagai sektor pembangunan prioritas kedua ( the second leading sector priority )  selain pertanian, peternakandan nelayan.


Dari pencanangan prioritas pembangunan yg disepakati kata Lasrus dapat ditetapkan dalam Peraturan Daerah ( perda) sebagai payung hukum dalam melaksanakan pembangunan daerah.


Setelah produk hukum pelaksanaan pembangunan tersedia, maka daerah harus bisa merencanakan prioritas keuangan untuk dana pembangunan yg telah direncanakan the developing funds.



Ada beberapa pilihan sumber pendanaan sebagai alternatif strategis, imbuh Lasarus,diantaranya sumber dana Dau dan Dak atau dana lain yg tidak terikat.


Swastanisasi pembangunan dalam bentuk Tukar guling aset, kontrak pakai bangunan dan lahan, kontrak kerjasama pengelolaan aset Tanah atau bangunan dalam bentuk Perjanjian yang permanen tanpa ada tendensi kepentingan, kan bisa dengan tetap mengacu pada prinsip transparan, akuntabel, dan profitable.


Penataan Obyek yg strategis yang prioritas, pemandangan alam, pantai berpasir putih serta pemandangan alam bawah laut the underwater worldviews adalah hadia Tuhan yang harus diperhatikan.


Faktor penunjang lainnya seprti akses ke lokasi dan dari obyek wisata, kelestarian alam, kebersihan lingkungan, status lahan sekitar pantai harus benar benar di lihat dan di urus.


Keunikan alam lainya, di manggarai Wae Rebo, liang Bua dan budaya lokal disekitar obyek dan masih banyak lagi yang lainnya.


Di kabupaten Manggarai Timur tepatnya di kecamatan Sambi Rampas, biawak raksasa the big Giant lizards yang terdapat di Pota,Tompong.


Lasrus mengharapkan agar segerah dibuat penelitian bekerja sama dengan lembaga khusus agar dapat diketahui Spot atau titik tempat biawak.


Dengaan tujuan bisa diketahui dimana biawak berkumpul, bertelur, berjalan, kebiasaan alami lainya, jumlahnya, berat badannya, waktu yg tepat melihat biawak agar dapat menentukan obyek ini masuk dalam kategori  menarik, berbahaya dan Uniq.


Lasarus berharap Pemda dapat berkerjasama dengan Pemprop agar dapat menentukan zonasi yang harus dilindungi dan batas batas dengan wilayah permukiman.


Obyek penunjang, lainnya Di Manggarai Timur, Rana Tonjong bunga lotus raksasa, Gua gua, air terjun, budaya local yang

 harus diperhatikan Akses dan mode penataan dengan prinsip tidak menghilangkan keunikan dan keasliannya.


Lasrus menambhkan, promosi Merupakan pekerjaan terakhir, setelah seluruh obyek2 dan fasilitas2  on ready  dengan matang, sebab tidak menggunakan prinsip promosi didahulukan baru membuka sebuah restoran cetusnya.


Faktor pendukung dan penunjang lain selain lokasi wisata, kita juga mempersiapkan rumah makan standarnya bagus baru dipromosikan ke negara lain, sebab taruhan adalah nama baik daerah, bangsa dan negara.


Prinsip paiwisata Kata Lasarus adalah, jika menimbulkan kenangan pasti datang kembali, tetapi jika menimbulkan kekecewaan maka pengunjung pergi dan tak akan kembali.


Sang Guide senior Lasarus Kasmul berpesan " Mari menyambut dampak wisata super premium labuan bajo".


Kepada ke Dua kabupten tetangga Manggarai dan Manggarai Timur Lasarus berharap pemerintah selalu berdiskusi dengan Badan Otorita Pariwisata labuan bajo Flores yg berpusat di labuan bajo.


Terutama dalam hal disain bisnis dan usaha pariwisata dan dalam hal penataan dan pengelolaan obyek termasuk berkoordinasi tentang dana pembangunan dimaksud.


Salam pariwisata sebagai industri tanpa asap, santai dan sukses.


biodata ;

Nama :   Lasarus kasmul 

Profesi :  Guide madya NTT berlinsensi

 spesialisasi :   bahasa Inggris.


Pernah bekerja sebagai : marketing manager Bajo Dive club' labuan bajo ( 3 tahun)


Manager Hotel Kanawa Island resort 


Manager Pungu island cottages labuan bajo


Penulis " Wensislaus "

TerPopuler