Pertamina Imbau Warga Tak Beli LPG 3 kg Diwarung -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Pertamina Imbau Warga Tak Beli LPG 3 kg Diwarung

10/17/2020


Globalnewsindonesia.com : Lahat Sumsel - Mengantisipasi kebutuhan masyarakat, Pertamina secara intensif  melakukan pengecekan ketersediaan stok LPG Subsidi 3 Kg di beberapa pangkalan di Kabupaten Lahat.


“Sebagai jalur distribusi resmi Pertamina, pangkalan selalu kita monitor stok serta penjualannya. Untuk Kabupaten Lahat terdapat 318 pangkalan yang siap melayani kebutuhan LPG subsidi sesuai HET sebesar Rp15.650,  dan kami terus memantau ketersediaannya,” ujar Region Manager Comrel & CSR Sumbagsel Dewi Sri Utami.


Pertamina juga menggandeng pemerintah setempat dalam hal ini bagian perekonomian dan SDA, karena  sebagaimana diatur dalam Permen ESDM Nomor 26 Tahun 2009 Pasal 33 disebutkan, pada pelaksanaan pengawasan penyediaan dan pendistribusian LPG oleh Direktur Jenderal, dimana dapat membentuk tim pengawasan penyediaan dan pendistribusian LPG. Adapun tim pengawasan tersebut melibatkan semua pihak dari pemerintah tingkat Propinsi hingga Kelurahan.


Dewi menjelaskan dengan mengarahkan penjualan LPG ke pangkalan, memang pada awalnya akan tampak antrian, karena pangkalan tidak diperbolehkan menjual LPG ke pengecer.


 "Penyesuaian ini tentunya akan menjaga agar pasokan LPG subsidi benar-benar dikonsumsi oleh masyarakat yang berhak, yakni masyarakat pra sejatera dan usaha mikro. Adapun mekanisme.pembelian harus menbawa Kartu Tanda Penduduk, dimana satu KTP hanya bisa membeli satu tabung," tambah Dewi.

 

Ciri-ciri pangkalan LPG resmi Pertamina adalah adanya plang yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi pangkalan, menyebutkan Harga Eceran Tertinggi (HET), serta menyebutkan kontak pangkalan serta Call Center 135 Pertamina. 


Kami juga terus mendukung inisiasi positif pemerintah Kabupaten Lahat yang saat ini tengah melakukan pilot project penggunaan kartu pelanggan di Kecamatan Sukamerindu, yang saat ini sedang dalam proses verifikasi pendataan.


"Nantinya kami terus mendukunh langkah tersebut, dan selanjutnya akan kami mapping kebutuhan pangkalan di titik tersebut agar masyarakat tidak terlalu jauh melakukan pembelian LPG subsidi,"tambah Dewi.


Pertamina juga menghimbau kepada masyarakat mampu, ASN, TNI, Polri dan pengusaha Hotel, Kafe dan Restoran untuk menggunakan LPG non subsidi seperti Bright Gas 5.5 Kg dan 12 Kg yang dapat dibeli dengan cara melakukan pemesanan melalui call center Pertamina 135. (Arm)