Gubernur Sumut Sidak Terkait Upaya Penyelesaian Banjir Rob Melanda Kawasan Medan Belawan -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Gubernur Sumut Sidak Terkait Upaya Penyelesaian Banjir Rob Melanda Kawasan Medan Belawan

Rj Samosir
10/21/2020



GlobalNewsIndonesia.Com -Belawan; Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi beserta forpimda secara mendadak dan tanpa acara protokuler resmi melihat langsung penyebab terjadinya banjir rob yang melanda di enam kelurahan dikecamatan medan belawan dipinggir laut belawan bagan tambahan dibagan deli pada selasa 20/10/2020 sekitar jam 10.00 WIB


Dalam kunjungannya  Gubsu  melihat secara langsung kondisi lingkungan yang memprihatinkan,  dan segera meminta pihak terkait untuk segera mengambil langkah solutif guna menyelesaikan masalah yang terjadi, agar masyarakat tidak terus menerus mengalami penderitaan banjir rob  yang berkepanjangan. 


Dalam kunjungan mendadak tersebut, turut hadir Dirut PT Pelindo I beserta jajarannya, para Kepala Dinas pempropsu, Plt. Walikota Medan, dan Camat Medan Belawan beserta jajarannya.



R. Khairil Chaniago sebagai ketua umum Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) mengatakan "semoga dengan adanya kunjungan Gubsu ke belawan,  sudah terbuka jalan untuk mengatasi banjir rob ini  secara terkonsep , terukur dan terimplementasi dengan baik, Gubernur Sumatera Utara dalam minggu ini juga akan melakukan rapat teknis untuk membahas penanganan banjir rob secara terfokus"  dan dengan tegas meminta seluruh pihak, termasuk PT Pelindo I agar serius keterlibatannya dalam menyelesaikan masalah yang ada.


R Khairil Chaniago juga mengatakan" Ini adalah titik awal yang bagus bagi kita semua warga belawan, semoga kita semua dengan seluruh elemen masyarakat  yang ada di belawan dapat bersama sama menjadi juri yg menilai kinerja pemerintah dan menjadi sosial kontrol untuk mengawasi BUMN yang beraktifitas di Belawan".


R Khairil Chaniago berharap agar masalah banjir rob ini dapat sesegera mungkin terselesaikan dengan baik, dan kedepannya tata kelola pemukiman dan bisnis dapat berjalan beriringan tanpa merusak  prinsip pengelolaan lingkungan yang berkeadilan demi kesejahteraan masyarakat.


Dalam hal ini Gubsu mengingatkan masyarakat kecamatan medan belawan khususnya masyarakat pinggir laut/pantai agar tidak merubah fungsi hutan bakau menjadi pemukiman, sehingga menganggu ekosistem, untuk itu kita akan carikan solusinya bersama Propinsi, PT Pelindo I, instansi terkait  serta stakeholder lainnya yang beroperasi dikecamatan medan belawan. Dalam hal ini Gubsu juga memerintahkan pihak kecamatan untuk lebih tegas terhadap masyarakatnya untul membangun rumah mukim atau apapun itu sehingga  tidak merubah fungsi  dari hutan bakau itu.


R Khairil Chaniago mengatakan, semoga dengan adanya kunjungan Gubsu terkait masalah banjir rob ini, selanjutnya terbuka jalan untuk mengatasinya secara terkonsep , terukur dan terimplementasi dengan baik, dan dalam minggu ini Gubsu akan melakukan rapat teknis untuk membahas penanganan banjir rob secara terfokus   dan dengan tegas meminta seluruh pihak , termasuk PT Pelindo agar serius keterlibatannya dalam menyelesaikan masalah yang ada.


Gubsu juga menyempatkan diri mengunjungi kegiatan masyarakat seperti Pengolahan Bank Sampah Paud Fitri milik Zaenab. Bank Sampah Paud Fitri ini dinilai sangat bagus sehingga mengajak masyarakat untuk tidak buang sampah ke laut lagi dan sampah dijadikan suatu tambahan penghasilan masyarakat. 


Gubsu juga menyempatkan diri berkunjung ke bandara penumpang Bandar Deli Belawan 

memerintahkan kepada Pihak PT Pelindo I agar untuk sementara menghentikan proyek reklamasi dan mengingatkan kepada pihak pejabat PT Pelindo I " jangan hanya mengurusi bisnisnya saja tetapi menyengsarakan masyarakat" ucap Gubernur Sumatera Utara. ( LP Sitinjak)