-->

Tahun 2021 ADD Fokus Program SDGs


Globalnewsindonesia.com ; Lahat Sumsel – ADD (Alokasi Dana Desa) tahun 2021 mendatang rencananya akan difokuskan untuk pembangunan berskala nasional disetiap desa atau SDGs (Sustainable Development Goals). Program PKDT (Padat  Karya Tunai) akan dioptimalmak guna membiayai permodalan BUMDesa atau BUM Desma.

“Akan ada Tiga fokus anggaran dana desa tahun depan, pertama unutuk pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, yang terdiri dari pembentukan pengembangan dan revitalisasi BUMDes / BUMDesma, penyedian listrik desa, dan pengembangan usaha ekonomi produktif,”ujar kepala BPMD Kabupaten Lahat Ekman.

Ekman menjelaskan, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa yang meliputi pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pengembangan wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa dan inklusif.

“Sebagai mana kita maklumi, masih ada desa yang belum dialiri listrik. Program nasional pembangunan ekonomi nasional, elektrifikasi antara lain adalah penyedian listrik desa dan jaringan internet,”imbuhnya.

Kemudian ialah prioritas dana desa tahun 2021, adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa aman Covid-19. Penetapan tersebut didasarkan pada peraturan presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau SDGS,”pungkasnya. (Benz/Yng/Tim)

Side Ads

loading...