-->

Metro Tanjung Bunga Kandidat Jalan Terlebar se-Indonesia


GlobalNewsIndonesia.com - Makassar, - Landmark baru akan muncul seiring disiapkannya landmark lain yakni Twin Tower dan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. Adalah Jalan Metro Tanjung Bunga, diprediksi akan mengalahkan Jalan Sudirman di DKI Jakarta yang lebarnya hanya 40 Meter.

Sementara rencana jalan di sekitar Tanjung Bunga, Kota Makassar itu disiapkan selebar 50 Meter. Adapun proyek pelebaran sejauh 6 Kilometer itu dimulai dengan pematokan lahan oleh HM Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan (SulSel) pada Minggu (13/09/20).

"Jalan ini bakal menjadi yang paling lebar di Indonesia. Rampung nanti, juga menjadi landmark baru di Kota Makassar", ujar Nurdin Abdullah.

Pengerjaannya direncanakan akan rampung hingga Desember 2020 untuk tahap pertama. Biaya yang digelontorkan mencapai 127 Milyar Rupiah.

Ditambahkan Gubernur bergelar Professor itu bahwa Jalan Metro Tanjung Bunga akan dilengkapi pedestrian, ruang terbuka hijau, jalur cepat, jalur lambat dan jembatan penyeberangan. Tak kalah pentingnya, penyiapan area khusus bagi pedagang kaki lima serta fasilitas penerangan jalan yang mengaplikasikan ikon SulSel berupa ornamen khas Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar.

"Lebarnya 50 Meter, jadi akan ada jalur cepat, jalur lambat, pedestrian serta ruang terbuka hijau. Untuk pedagang kaki lima nanti kita tata biar lebih nyaman", pungkasnya.

Kehadiran jalan itu juga diprediksi memiliki intensitas transportasi lebih tinggi dibanding jalan lainnya. Pertumbuhan ekonomi kian menanjak dengan terhubungnya sentra-sentra produksi, ditambah lagi posisi Twin Tower untuk dijadikan pusat perkantoran serta pusat bisnis.

Berbicara di hadapan tetamu yang menghadiri acara Pematokan Lahan Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga, Nurdin Abdullah minta dukungan penuh seluruh elemen masyarakat. Seperti halnya masyarakat yang telah menghibahkan lahannya untuk pembangunan infrastruktur tersebut.

Pelebaran jalan itu turut disupport Penjabat Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin. Dituturkan hal senada bahwa Jalan Metro Tanjung Bunga akan menggantikan ranking yang dipegang Jalan Sudirman Jakarta sebagai jalan terlebar saat ini.

"Inshaa Allah lebarnya 50 Meter, akan jadi yang terlebar di Indonesia. Kalau Jalan Sudirman Jakarta cuma 40-an Meter", tegasnya.

Dalam waktu dekat, kontraktor pelaksana akan ditetapkan. Dia pun minta dukungan yang sama, sekaligus mengajak masyarakat dan Pemerintah mengiringi rencana spektakuler itu dengan do'a.

Penulis : Azis (AMBAE)
Editor   : Red